Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FTUI Meriahkan HUT Ke-59 Dengan Penyerahan Penghargaan Kepada Insan Berprestasi

Rabu, 19 Juli 2023 11:27 WIB
Acara puncak perayaan Dies Natalis ke-59 FTUI, Senin (17/7) berlangsung meriah dengan penyerahan penghargaan kepada insan FTUI yang berprestasi unggul dan memberikan dampak kepada masyarakat. (Foto: Ist)
Acara puncak perayaan Dies Natalis ke-59 FTUI, Senin (17/7) berlangsung meriah dengan penyerahan penghargaan kepada insan FTUI yang berprestasi unggul dan memberikan dampak kepada masyarakat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merayakan peringatan Dies Natalis ke-59 dengan menyerahan penghargaan kepada insan FTUI yang berprestasi unggul dan memberikan dampak kepada masyarakat.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah menyampaikan, bahwa selama 59 tahun, FTUI telah menjadi pusat keunggulan pendidikan teknik di Indonesia. Inovasi terus dilakukan oleh FTUI menjadi fakultas yang proaktif dan selalu inovatif dengan meningkatkan entrepreneurship keteknikan, kualitas riset inovasi, pengabdian, dan pelayanan masyarakat, serta modernisasi dan internasionalisasi pendidikan keteknikan yang berdampak tinggi.

Baca juga : Jaga Keberlanjutan Lingkungan, Mayora Sabet Penghargaan Tertinggi BPOM

“Dies Natalis tahun ini dapat kita rasakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2023, FTUI meraih gelar Kampus Teknik Terbaik di Indonesia versi THE Worlds University Rankings dan Scimago University Rankings. Pengakuan dari dua badan pemeringkatan internasional bergengsi ini semakin mengukuhkan posisi FTUI sebagai instansi pendidikan tinggi teknik terbaik di negeri ini,” ujar Prof. Heri pada sambutannya.

Modernisasi Pendidikan Digital FTUI terus dilakukan dengan penambahan jumlah smart classroom menjadi 17 kelas. Internasionalisasi pendidikan FTUI ditingkatkan dengan pembukaan Kantor Internasional FTUI dan penambahan mitra-mitra universitas bergengsi di tingkat dunia untuk kolaborasi pendidikan dan penelitian internasional. Belum lama ini, FTUI berhasil menggandeng University of Birmingham, Inggris untuk membuka program sarjana-magister double dan tripple degree.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kue Bagea Di Donggala

FTUI juga mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai kemandirian pada produksi alat kesehatan. Tahun lalu, FTUI mengucurkan 500 juta rupiah dana seed funding reverse engineering untuk 10 produk kesehatan. Melalui penelitian dan kolaborasi dengan industri, FTUI berharap dapat mempelajari dan merekayasa kembali alat kesehatan yang sudah ada. Dengan memahami teknologi dan desain yang digunakan, FTUI dapat menghasilkan inovasi baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia serta memenuhi standar kualitas dan keamanan yang diharapkan.

FTUI juga menaruh perhatian pada pentingnya kolaborasi interdisiplin ilmu untuk memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat. Tiga Insititut Riset baru diresmikan FTUI untuk mewadahi berbagai penelitian dan inovasi interdisiplin dibidang energi, biosistem dan bioengineering serta perancangan wilayah dan smart cities.

Baca juga : Ganjar Milenial Kembangkan Skill Perempuan Dengan Pelatihan Eyelash Dan Nail Art

“Capaian yang telah diperoleh dalam meningkatkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi yang dijalankan FTUI ini semata-mata untuk bisa berdampak nyata dan unggul agar kehidupan masyarakat lebih baik. Semua capaian ini tak terlepas dari peran aktif hasil kolaboratif kinerja antara unsur dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan juga peran alumni. Lulusan FTUI telah memberikan kontribusi yang signifikan di industri dan masyarakat, serta meraih pengakuan di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi-prestasi ini merupakan bukti nyata dari kualitas pendidikan dan komitmen FTUI dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan,” kata Prof. Heri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.