Dark/Light Mode

Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Ratusan Petani Serta UMKM Belitung Dan Yogyakarta Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Kamis, 20 Juli 2023 09:33 WIB
UMKM Sahabat Sandi Belitung dan Yogyakarta inisiasi mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi ratusan petani dan UMKM di Desa Lasar, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Rabu (19/7). (Foto: Ist)
UMKM Sahabat Sandi Belitung dan Yogyakarta inisiasi mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi ratusan petani dan UMKM di Desa Lasar, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Rabu (19/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -  Sandiaga Uno berkomitmen dan konsisten dalam mendorong penciptaan lapangan kerja baru melalui UMKM juga untuk para petani. Fokus dalam hal ini, UMKM Sahabat Sandi Belitung dan Yogyakarta inisiasi mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi ratusan petani dan UMKM.

Dikordinatori langsung oleh Haryanto, Ketua Wilayah UMKM Sahabat Sandi Belitung, Diantri Lapian mengatakan pelatihan yang dilaksanakan di Belitung merupakan pelatihan kewirausahaan bagi para petani menghasilkan pupuk kompos secara mandiri dengan kualitas lebih baik dibandingkan pupuk anorganik. Menurutnya, program tersebut menjadi solusi bagi masyarakat Desa Lasar untuk meringankan beban pembelian pupuk.

"Pembuatan pupuk kompos sangat di butuhkan petani dan masyarakat Belitung, karena sulit didapatkan dan mahal. Sehingga kami tergerak untuk segera memberikan pelatihan memproduksi pupuk sendiri dengan cepat untuk dijadikan produk usaha, jadi problem kesulitan mendapatkan pupuk dan efisien bisa tercapai,” kata Diantri selaku Ketua Gemawira Pusat di Desa Lasar, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Rabu (19/7).

Baca juga : Meet The People, Sesi Warga Singapura Curhat Ke Parlemen

Lebih lanjut, Diantri menegaskan program pupuk kompos secara mandiri diprioritaskan di desa-desa pertanian. Ia pun berharap dapat mendorong kemampuan para petani dan meningkatkan pendapatan ekonomi lebih bagi keluarganya.

"Pelatihan wirausaha kepada masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi yang belum punya usaha dan UMKM naik kelas bagi yang sudah punya usaha. Maka program ini prioritas serta berkelanjutan di dusun dan desa pertanian," ujar Diantri. 

Sandiaga Uno berkomitmen dan konsisten dalam mendorong penciptaan lapangan kerja baru melalui UMKM. Sehingga, program-program relawan dipastikan mempercepat fokusnya.

Baca juga : Ringankan Beban Rumah Tangga, Ratusan Petani Banten Serbu Bazar Sembako Murah

"Selain mendorong program-program kami, Pak Sandi juga membantu mempromosikan, membeli produk-produk UMKM serta membuka jalan untuk permodalan. Dengan Pak Sandi terlibat langsung seperti ini, masyarakat semakin semangat dan tergerak untuk membuka usaha dan juga meningkatkan mutu produknya naik kelas," tuturnya. 

Pada kesempatan yang sama, Gemawira wilayah lainnya juga mengadakan pelatihan digital marketing di Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Hal ini dilakukan agar para UMKM mengerti bagaimana mempromosikan dan menjual produknya melalui sosial media.

Ketua UMKM Sahabat Sandi dan Koordinator Gemawira Yogyakarta, Arine menuturkan peningkatan teknologi memberikan dampak positif bagi pelaku usaha untuk mempermudah pasar lebih luas. Sehingga sektor UMKM menjadi salah satu golongan usaha yang memerlukan konsep go digital dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga : Dewas Benarkan Pungli Rutan KPK Terungkap Dari Kasus Asusila Pegawai Terhadap Istri Tahanan

“Selain itu dalam pelatihan ini juga para peserta diajarkan bagaimana cara membuat konten yang akan diupload ke medsosnya. UMKM  harus go digital agar produknya semakin luas dikenal dan pasarnya semakin besar," jelas Arnie.

Dengan seiring perkembangan waktu dan perubahan perilaku konsumen saat ini lebih condong berbelanja secara online, maka para pelaku UMKM wajib go digital.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.