Dark/Light Mode

Catatan Perjalanan Ke Negeri Singa (Seri 3)

Meet The People, Sesi Warga Singapura Curhat Ke Parlemen

Kamis, 20 Juli 2023 08:00 WIB
Lokasi meet the people di salah satu komplek perumahan di Singapura. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)
Lokasi meet the people di salah satu komplek perumahan di Singapura. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama lima hari, dari 3-7 Juli, wartawan Rakyat Merdeka Marula Sardi mengikuti Indonesia Journalists Visit Programme ke 20 yang diselenggarakan Pemerintah Singapura. Berikut catatan perjalanannya:

People Action Party (PAP) atau Partai Tindakan Rakyat berdiri 21 November 1954 oleh Lee Kuan Yew, Lim Chin Siong, Goh Keng Swee, Toh Chin Chye, Sinnathamby, dan Lim Kim Sam. PAP merupakan satu dari tiga partai politik kontemporer di Parlemen Singapura, di samping Partai Pekerja Singapura dan Partai Kemajuan Singapura.

Baca juga : Enabling Village, Desa Inklusif Yang Memampukan Difabel

Dalam 13 kali pemilihan selama lebih dari lima dekade, PAP selalu menguasai parlemen dan membentuk Pemerintahan. Karena itu, sampai saat ini, Singapura hanya pernah dipimpin tiga orang Perdana Menteri (PM): Lee Kuan Yew, Goh Chok Tong, dan PM saat ini Lee Hsien Loong. Semuanya adalah politisi PAP.

Di bawah kekuasaan PAP, seperti PM Singapura, Lee Kuan Yew, Singapura berhasil bertransformasi menjadi negara dengan pencapaian ekonomi yang dikagumi di seluruh dunia.

Baca juga : Sowan Ke Nas Daily Singapura

Lee Kuan Yew juga berhasil mengubah Singapura dari sebuah pulau kecil yang tidak memiliki sumber daya alam menjadi sebuah keberhasilan ekonomi. Di bawah kepemimpinannya, Singapura menjadi sejahtera, modern, efisien dan bebas korupsi sehingga para investor asing berdatangan.

Jumat (7/7) merupakan hari terakhir saya dan 13 jurnalis lain yang mengikuti Indonesia Journalists Visit Programme ke 20 di Singapura. Agenda hari ini, kami meliput sampai pukul 20.30 Waktu Singapura. Hari yang melelahkan karena harus meliput dari pukul 08.30 pagi.

Baca juga : Rumah Inovasi & Teknologi Iran

Terlebih agenda terakhir terkesan membosankan. Yakni, meliput kegiatan Meet The People (MPS) dari Senior Parliament Secretary (SPS) at the Ministry of Health and Ministry of Law, Ms. Rahayu Mahzam. Singkatnya, Sekretaris parlementer ini adalah anggota Parlemen yang membantu menteri yang lebih senior dengan tugasnya.

Kegiatan MPS ini berlangsung di salah satu komplek rumah susun di Jurong East St. 21. Rusun ini dibangun oleh Pemerintah Singapura dan bisa dimiliki oleh warga negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.