Dark/Light Mode

Pemuda Mahasiswa Ganjar Dorong Pelaku UMKM Di Bandung Kuasai Digital Marketing

Sabtu, 22 Juli 2023 16:41 WIB
Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN Jawa Barat untuk menggelar pelatihan digital marketing di Kota Bandung, Sabtu (22/7). (Foto: Ist)
Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN Jawa Barat untuk menggelar pelatihan digital marketing di Kota Bandung, Sabtu (22/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemampuan memasarkan produk di dunia maya atau digital marketing menjadi kunci untuk membangun bisnis pada era teknologi komunikasi yang makin maju saat ini.

Hal itu mendorong kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Jawa Barat untuk menggelar pelatihan digital marketing di Kota Bandung, Sabtu (22/7).

"Pemateri menyampaikan pentingnya berusaha lewat media sosial yang di mana hari ini penjualan produk kebanyakan itu melalui media sosial," kata Koordinator Wilayah PMN Jawa Barat, Marsus Albar.

Kegiatan yang digelar di Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung itu disambut antusias oleh warga dari kalangan muda hingga orang tua yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Para peserta mendapatkan berbagai ilmu dan informasi mengenai kewirausahaan dan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini.

Selain digital marketing, pelaku usaha didorong untuk mengembangkan kemampuan lain seperti public speaking hingga teknik desain grafis sederhana.

Baca juga : Resmi Meluncur, Telkomsel One Dukung Kebutuhan Digital Masyarakat

"Pentingnya mempunyai produk ini, mempunyai keterampilan baik dari public speaking, desain ataupun teknik pemasaran yang nantinya akan menjual produknya di media sosial," ujar Marsus.

Setelah warga tertarik dengan konsep kegiatan yang digelar, para sukarelawan PMN Jawa Barat menjadi lebih mudah untuk melakukan sosialisasi mengenai sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024.

Marsus menilai, sambutan warga sangat positif terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan PMN Jawa Barat selama ini, termasuk tanggapan terhadap kegiatan kali ini.

"Untuk (peserta) itu, banyak sekali dan responnya cukup baik. Baik dari pemuda ataupun warga Desa Cipedes ketika PMN Jawa Barat menyosialisasikan sosok Pak Ganjar Pranowo di kegiatan kali ini," katanya.

Oleh karena itu, Marsus mengaku optimistis dukungan dari warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung terhadap Ganjar semakin meningkat dari waktu ke waktu.

"Warga, ataupun bapak-ibu serta pemuda banyak sekali yang mendukung agar nantinya Pak Ganjar bisa terpilih di (Pemilihan) Presiden 2024," ujar Marsus optimistis.

Baca juga : Pemuda Ganjar Gelar Pelatihan Fotografi Di Garut 

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan bernama Rizal Adiguna mengapresiasi inisiatif para sukarelawan Ganjar yang telah menggelar kegiatan kali ini.

Menurutnya, materi pelatihan tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh warga khususnya para pelaku UMKM yang belum berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya.

"Alhamdulillah, acaranya bisa berjalan lancar. Bermanfaat juga bagi generasi muda untuk di era digital sekarang memang membutuhkan sekali untuk digital marketing ini," kata Rizal.

Selain itu, pelatihan itu juga dinilai masih bisa diikuti oleh peserta yang belum memiliki bisnis seperti dirinya agar lebih termotivasi untuk mulai berwirausaha.

"Sangat terbantu juga terfasilitasi untuk warga dan pemuda-pemuda di sini. Bareng teman-teman, mudah-mudahan ke depannya bisa berwirausaha di era digital ini dengan marketing digital," ujarnya.

Terakhir, warga juga menyampaikan sejumlah masukan dan harapan bagi Ganjar Pranowo melalui para sukarelawan PMN Jawa Barat pada acara tersebut.

Baca juga : Sarat Makna, Ganjar Ungkap Jokowi Sosok Yang Desain Baju Garis Hitam-Putih

Mereka pada umumnya berharap Ganjar terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia 2024 mendatang dan melanjutkan roda pemerintahan presiden terdahulu.

"Untuk Bapak Ganjar kalau misalkan terpilih harapannya bisa terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat khususnya untuk pemuda. Untuk beasiswa sekolah yang tinggi dan juga memperhatikan fasilitas sekolah untuk SMA sampai perkuliahan juga," tutur Rizal.

Di pengujung acara, Korwil PMN Jawa Barat menyerahkan bantuan berupa alat pengeras suara kepada perwakilan warga untuk menunjang kegiatan sosial di lingkungan setempat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.