Dark/Light Mode

Tiba Di Gorontalo, Mardiono Disambut Prosesi Adat Mopotilolo

Minggu, 23 Juli 2023 16:57 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan PPP Muhamad Mardiono disambut prosesi adat Mopotilolo, saat tiba di Gorontalo, pada Minggu (23/7) siang. (Foto: Ist)
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan PPP Muhamad Mardiono disambut prosesi adat Mopotilolo, saat tiba di Gorontalo, pada Minggu (23/7) siang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono disambut prosesi adat Mopotilolo, saat tiba di Gorontalo, pada Minggu (23/7/2023) siang.

Kedatangan Muhamad Mardiono di Gorontalo kali ini adalah terkait konsolidasi kepartaian sekaligus kerja kenegaraan sebagai Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan.

“Saya akan berada di Gorontalo sampai besok. Pertama untuk konsolidasi internal PPP, kedua untuk silaturahmi dan diskusi kondisi terkini di Gorontalo maupun nasional bersama bupati dan gubernur,” tutur Muhamad Mardiono, di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Baca juga : Bamsoet Jadi Pemateri Pendidikan Khusus Profesi Advokat KAI

Dia menjelaskan kedatangannya disambut dengan prosesi adat itu bertujuan agar segala aktivitasnya dilindungi dan terhindar dari bahaya.

“Di sini ada upacara adat sebelum melakukan aktivitas agar dilindungi dan terhindar dari bahaya. Bahkan, sudah didoakan juga dengan ulama agar semua proses konsolidasi politik dan kenegaraan berjalan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyebut prosesi adat menyambut kedatangan Muhamad Mardiono merupakan bentuk apresiasi karena telah hadir di Gorontalo.

Baca juga : Tiba Di KPK, Brigjen Endar Disambut Tepuk Tangan Pegawai

“Kami bangga dan apresiasi kepada Pak Ketum sekaligus sebagai utusan khusus presiden. Kami terima secara adat dan berdoa agar beliau selalu sehat menjalankan urusan partai maupun pemerintahan,” kata Nelson.

Adapun proses adat Mopotilolo merupakan tradisi adat masyarakat Gorontalo dalam menyambut tamu kehormatan.

Prosesi adat diawali dengan pengalungan kain khas Gorontalo dan penyambutan lainnya. Rangkaian prosesi adat juga dilanjutkan dengan suguhan minuman dan kue khas Gorontalo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.