Dark/Light Mode

Ganjar Muda Padjadjaran Bangun Bak Sampah Buat Warga Desa di Subang

Jumat, 28 Juli 2023 11:59 WIB
Sukarelawan Ganjar Muda Padjadjaran GMP membangun bak sampah untuk warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat Jabar, Kamis (27/7). (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjar Muda Padjadjaran GMP membangun bak sampah untuk warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat Jabar, Kamis (27/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) membangun bak sampah untuk warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar).

Sebanyak tiga bak sampah dengan total ukuran 6 x 10 meter dibangun secara gotong royong oleh sukarelawan GMP bersama warga di Dusun Rancasari RT02/07 desa setempat. Pembangunan dimulai pada Senin (24/7) hingga Kamis (27/7).

“Hari ini kami meresmikan bak sampah di Desa Kasomalang, Kabupaten Subang. Ini tentu kegiatan yang merupakan hasil dari merespons aspirasi masyarakat,” kata Koordinator Pusat GMP Fadhil Syafarmi di lokasi, Kamis (27/7).

Tiga bak sampah yang dibangun dapat digunakan masyarakat sekitar untuk membuang sampah sehari-hari. Sehingga, kata Fadhil, warga bisa bersama-sama mewujudkan lingkungan desa yang lebih bersih dan asri.

Baca juga : Sukarelawan Mak Ganjar Serahkan Bantuan Sumur Bor Bagi Warga Lampung

“Kami berkoordinasi untuk menginisiasi bak sampah ini. Tentunya diperuntukkan untuk warga Desa Kasomalang. Ini juga bentuk ajakan kami untuk tidak buang sampah sembarangan,” imbuhnya.

“Tentu ini juga adalah program investasi sosial GMP, bagaimana keberadaan GMP ini bisa dirasakan warga Jawa Barat, khususnya hari ini di Desa Kasomalang Kulon,” sambung Fadhil.

Lewat pembangunan bak sampah ini juga, kata Fadhil, GMP menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang gencar mendorong pengelolaan sampah selama dua periode menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Fadhil mengatakan Ganjar kerap mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengelola sampah agar memiliki nilai ekonomis. Ganjar juga menginisiasi gerakan ekonomi sirkular dalam memanfaatkan sampah.

Baca juga : Bane Raja Manalu Bagikan Beasiswa PIP ke 400 Desa di Sumut

“Kami ingin menyapa terus masyarakat Jawa Barat untuk berkegiatan secara menyeluruh. Tentu masih dalam rangkaian kegiatan social investment, bagaimana kebermanfaatan ini bisa dirasakan warga secara langsung,” katanya.

Fadhil pun menegaskan komitmen GMP dalam menebar kebermanfaatan untuk masyarakat pada kegiatan-kegiatan sukarelawan selanjutnya.

“Tentu ini adalah komitmen final GMP untuk warga bagaimana program tidak hanya seremonial semata, tapi kegiatan yang nyata. Kemudian bagaimana kami merespons aspirasi masyarakat yang membutuhkan bantuan,” imbuhnya.

Sementara, Tokoh Masyarakat Desa Kasomalang Kulon Abdullah berterima kasih kepada sukarelawan GMP. Abdullah pun mendoakan kesehatan dan kesuksesan program-program GMP.

Baca juga : Ganjar Muda Padjadjaran Tebar Bibit Ikan Di Kabupaten Bandung

“Kepada sukarelawan, mudah-mudahan diberikan kesehatan dalam mengerjakan semua kegiatannya. Semoga juga dikabulkan hajat-hajat teman-teman semuanya,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.