Dark/Light Mode

Meriahkan HUT Ke-78 RI

Komunitas Ojol Ganjar Gelar Apel Kemerdekaan Di Gunung Papandayan

Jumat, 18 Agustus 2023 12:29 WIB
Kajol Ganjar menggelar apel atau upacara kemerdekaan Indonesia bersama sekitar 50 anak muda dan driver ojol di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (17/8). (Foto: Ist)
Kajol Ganjar menggelar apel atau upacara kemerdekaan Indonesia bersama sekitar 50 anak muda dan driver ojol di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (17/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan yang tergabung dalam Komunitas Ojek Online (Kajol) Indonesia dukung Ganjar turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) dengan kegiatan yang menyentuh alam.

Kali ini, Kajol Ganjar menggelar apel atau upacara kemerdekaan Indonesia bersama sekitar 50 anak muda dan driver ojol di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (17/8)

Juru Bicara Kajol Indonesia Dukung Ganjar Risnandar mengatakan pihaknya mengajak anak muda dan driver ojol untuk naik Gunung Papandayan sekaligus melakukan apel kemerdekaan. 

Kegiatan ini dilakukan untuk menggelorakan semangat kemerdekaan sekaligus menjaga persatuan dan persaudaraan di kalangan anak muda milenial dan generasi Z di Jawa Barat.

Pihaknya ingin pengemudi ojol berpartisipasi mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang dilakukan di alam terbuka, seperti gunung. 

Baca juga : BNPT: Luar Biasa, Pesantren Berperan Penting Halau Radikalisme

Tujuannya, nasionalisme para para driver online makin meningkat dan turut aktif menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kajol Indonesia Dukung Ganjar pada hari ini 17 Agustus 2023 ada di puncak Gunung Papandayan, Garut Jawa Barat. Bertepatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia untuk upacara. Kami ingin memupuk semangat kecintaan teman-teman, khususnya generasi milenal kepada Indonesia," ungkapnya di sela-sela apel.

Risnandar menekankan bahwa anak muda milenial dan generasi Z harus meneruskan perjuangan dan mengenang jasa para pahlawan telah gugur demi bangsa Indonesia. Salah satunya ialah turut mengikuti apel kemerdekaan di Gunung Papandayan.

"Sebagaimana diketahui, kemerdekaan ini tidak diraih dengan mudah. Perjuangan para pahlawan dengan segenap tumpah darah. Kami hanya bisa meneruskan dan semoga bisa lebih besar kecintaan terhadap Indonesia," tuturnya.

Kajol Ganjar berharap generasi muda Indonesia mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermakna. Selain itu, Risnandar juga berharap para driver ojol terus berkontribusi bagi negara dengan aktivitas pekerjaannya.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, Relawan Sintawati Gelar Berbagai Lomba Hingga Doa Bersama

"Harapan kami, temen-temen para driver generasi milenial bisa lebih bersemangat dan menjadi penopang di negara kita di masa depan nanti," ujarnya.

Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut bersama milenial dan driver ojol sengaja menggelar apel kemerdekaan ini di gunung agar mereka lebih mencintai dan menghargai alam. Setelah itu, mereka melakukan bersih-bersih Gunung Papandayan agar para pendaki dan pencinta alam makin sadar pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan gunung.

"Selain upacara kemerdekaan indonesia, kami dari Kajol Indonesia mengadakan bersih-bersih gunung. Jadi, teman-teman memungut sampah di sana," ucapnya.

Risnandar mengatakan pihaknya juga terinspirasi dari sosok bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang  cinta dan peduli terhadap lingkungan.

Kajol Indonesia bersama para peserta apel turut mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029.

Baca juga : Semangat HUT RI, Gregoria Cs Incar Gelar Kejuraan Dunia Di Denmark

Sementara itu, Nurul Madaniah, peserta upacara, mengatakan kegiatan yang digelar Kajol Ganjar ini sangat bermanfaat. Menurut dia, upacara kemerdekaan ini mengingatkan generasi muda untuk makin mencintai negerinya sendiri.

"Menurut saya, acara ini benar-benar positif, bisa membangkitkan semangat generasi muda untuk lebih mencintai Indonesia," ujarnya.

Nurul juga merasa antusias mengikuti kegiatan cinta alam seperti ini. Dia mengaku menjadi lebih peduli terhadap alam dengan naik gunung bersama Kajol Ganjar.

"Saya semangat ikut kegiatan ini agar generasi milenial lebih mencintai alam. Apalagi banyak sekarang anak muda yang menyukai kegiatan alam seperti ini," ungkapnya.

Nurul juga mendoakan Ganjar Pranowo terpilih sebagai presiden Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2024. Dia juga berharap Ganjar Pranowo menjadi pemimpin yang amanah dan bisa memajukan Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.