Dark/Light Mode

Jokowi Senang Inflasi Terkendali Di 3,08 Persen, Ini Daerah Yang Dapat Award

Kamis, 31 Agustus 2023 20:30 WIB
Presiden Jokowi pada Pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, di Istana Negara Jakarta, Kamis 31/08/2023. (Foto: SETPRES)
Presiden Jokowi pada Pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, di Istana Negara Jakarta, Kamis 31/08/2023. (Foto: SETPRES)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada tim pengendali inflasi pusat (TPIP) dan daerah (TPID) serta pihak terkait lainnya yang berhasil mengendalikan inflasi menjadi 3,08 persen pada Juli 2023. 

Hal itu disampaikan presiden pada Pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, kepada tim-tim tersebut serta gubernur, bupati, dan wali kota yang turut berperan dalam upaya pengendalian inflasi.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengendali inflasi, baik pusat dan daerah, kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang sudah bersama-sama dengan kita semuanya dalam rangka mengendalikan inflasi,” ujar Presiden, Kamis (31/8).

Untuk diketahui, hasil ini merupakan prestasi yang signifikan, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Argentina (113 persen), Turki (47 persen), India (7,4 persen), Uni Eropa (5,3 persen), dan Amerika Serikat (3,2 persen). 

Keberhasilan ini, sebut Kepala Negara tak lepas dari kolaborasi antara otoritas moneter, otoritas fiskal, dan tim pengendali inflasi yang melakukan pemantauan lapangan.

Menurut Jokowi, pengendalian inflasi harus ditempuh dengan kombinasi kebijakan, mulai dari kebijakan moneter, fiskal, dan juga pengecekan di lapangan secara langsung.

Baca juga : BPK Penabur Gelar Festival Catur, Percasi: Ini Gebrakan Luar Biasa

"Mengendalikan inflasi dengan kenaikan suku bunga, kalau pasokannya tidak baik, stok tidak memiliki, ya pasti harga akan naik. Dikendalikan dengan moneter, dengan kenaikan suku bunga, tapi distribusi barangnya terganggu karena jalannya rusak semuanya, enggak ada artinya," terangnya.

Senafas dengan presiden, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakab keberhasilan pengendalian inflasi ini didorong oleh kerja sama erat antara BI dan pemerintah serta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, juga menekankan strategi 4K yaitu; keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif yang disertai kebijakan fiskal moneter dan sektor riil.

“Beberapa pelajaran yang kita dapati dalam pengendalian inflasi, yang pertama, sinergi kerja sama kementerian, lembaga, dan daerah semakin kuat; kedua, kerja sama perdagangan antardaerah; ketiga, integrasi hulu hilir pemanfaatan teknologi; dan keempat, data secara akurat dan secara online melalui sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok,” kata Airlangga.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

TPID Award 2022

Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang mengusung tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan” juga diumumkan daftar peraih TPID Award 2022.

Baca juga : Jaga Rupiah Dan Inflasi, BI Tahan Suku Bunga Di Level 5,75 Persen

Berikut daftar peraih TPID Award tersebut:

TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2022:

Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Kabupaten Tanah Datar;
Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Kabupaten Tasikmalaya;
Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Kabupaten Landak;
Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Kabupaten Minahasa; dan
Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Kabupaten Sabu Raijua.

TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2022:

Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Kota Palembang,;

Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Kabupaten Banyuwangi;

Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Kota Tarakan;

Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Kabupaten Bone; dan

Baca juga : Top Of Mind Litbang Kompas, Ganjar Meroket 34,1 Persen, Ungguli Prabowo Dan Anies

Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Kota Kupang.

TPID Provinsi Terbaik 2022:

Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Provinsi Bengkulu;

Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Provinsi DKI Jakarta;

Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Provinsi Kalimantan Selatan;

Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Provinsi Sulawesi Selatan; dan Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Nusa Tenggara Timur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.