Dark/Light Mode

BPK Penabur Gelar Festival Catur, Percasi: Ini Gebrakan Luar Biasa

Rabu, 30 Agustus 2023 15:51 WIB
Pembina Percasi Eka Putra Wirya dan Ketua Yayasan BPK Penabur Ardi Lazuardi saat jumpa pers FCPTN, di BPK Penabur, Kelapa Gading, Rabu (30/8) siang. (Foto : Ist)
Pembina Percasi Eka Putra Wirya dan Ketua Yayasan BPK Penabur Ardi Lazuardi saat jumpa pers FCPTN, di BPK Penabur, Kelapa Gading, Rabu (30/8) siang. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Ir. Eka Putra Wirya mengapresiasi yayasan pendidikan BPK Penabur atas komitmen dan konsistensinya menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional (FCPTN) untuk kali ketiga secara beruntun.

Menurut Eka Putra, pelaksanaan festival catur ini, menunjukan BPK Penabur tidak pernah berhenti dalam berkreasi, berinovasi, berkontribusi membangun karakter unggul anak bangsa di berbagai bidang, termasuk olahraga catur.

"Festival catur BPK Penabur ini akan tercatat dalam Rekor MURI. Ini gebrakan dalam olahraga catur. Percasi sangat bangga dengan pelaksanaan acara ini," kata Eka dalam konferensi Pers FCPTN 2023 di BPK Penabur, Kelapa Gading, Rabu (30/8) siang.

Rencananya Festival Catur Pelajar ini akan dibuka pada 2 September 2023, di SPK BPK Penabur Tanjung Duren oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo dan Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Domestik, Pemerintah Genjot Pasokan Gas

"Menggelar festival secara nasonal  tentu tidak mudah. Percasi akan mendukung agar acara ini sukses," kata Eka.   

Acara juga akan dimeriahkan siswa/i BPK Penabur dari Kota Bandung, Jakarta dan Serang dengan mementaskan sendratari, modern dance, penyanyi solo, Choir, dan pantomim tentang catur.

"Hadir juga motivator kondang Ms. Merry Riana yang akan membakar semangat para pelajar kaum generasi muda," kata Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur.

Festival Catur kali ini juga mengundang partisipasi dari sekolah di seluruh Indonesia, dengan total peserta diharapkan mencapai lebih dari 1.400 pelajar.

Baca juga : Yuk Daftar, BPK Penabur Gelar Festival Catur Pelajar Nasional Nih!

Pertandingan akan dilaksanakan di empat kota Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta dengan enam Veneu yakni Kompleks BPK Penabur Panjaitan Bandar Lampung, Kompleks BPK Penabur Holis Bandung, Kompleks SMAK 1 BPK Penabur Bandung, Kompleks BPK Penabur Cipto, Cirebon,  Kompleks SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, dan Kompleks BPK Penabur Harapan Indah, Jakarta.

Pelaksanaannya akan dilakukan  secara onsite secara bersamaan, dalam delapan kategori yang terdiri dari TK Putra/Putri, SD Putra/Putri, SMP Putra/Putri dan SMA Putra/putri.  Finalnya akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023, yaitu di Komplek SMAK 1 BPK Penabur Jakarta.  

"Kami mengharapkan ajang ini adalah upaya memasyarakatkan catur sebagai bentuk pengembangan karakter bangsa, membangun semangat kebersamaan serta sportivitas para pelajar Indonesia, dan sebagai sarana sharing ilmu dan bertukar pengalaman di antara pelajar,"  jelas Adri.

Mendapat dukungan penuh dari PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), festival ini menunjukkan tingginya kualitas pertandingan serta meningkatkan kualitas kompetisi serta memberikan peluang lebih besar bagi pelajar untuk mendapatkan pengalaman yang berharga.

Baca juga : PUAN DKI Jakarta Dan Kana Furniture Gelar Pesta Karya Perempuan Merdeka

"Kami ingin setiap pelajar yang datang ke festival ini mendapatkan pengalaman yang holistik, tidak hanya dari sisi bermain catur tetapi juga pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka bawa pulang," tutup Adri.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.