Dark/Light Mode

Terbang Ke India Hadiri KTT G20, Ini Komitmen Yang Diusung Jokowi

Jumat, 8 September 2023 18:26 WIB
Presiden Jokowi saat bertolak ke New Delhi, India dari Bandar Udara Halom Perdana Kusuma, Jumat (8/9) untuk menghadiri KTT G20. (Foto: Setpres BPMI)
Presiden Jokowi saat bertolak ke New Delhi, India dari Bandar Udara Halom Perdana Kusuma, Jumat (8/9) untuk menghadiri KTT G20. (Foto: Setpres BPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke New Delhi, India, pada Jumat (8/9). Mereka bertolak dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 14.45 WIB.

Kunjungan ini terkait dengan partisipasi Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi. Selain menjadi bagian dari acara G20, Presiden juga memiliki agenda pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara.

Dalam keterangan pers usai KTT ASEAN ke-43 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9), Presiden Jokowi menyoroti beberapa komitmen yang akan diusung oleh Indonesia dalam KTT G20

Baca juga : Hadiri Pembukaan KTT ASEAN, Bamsoet Apresiasi Kepemimpinan Jokowi

Salah satu fokus utama Jokowi adalah stabilitas dan perdamaian sebagai landasan kemakmuran global. Dalam kata-katanya, Presiden menekankan pentingnya "safe house" bagi dunia.

“Besok siang saya berangkat ke G20 Summit di India dan komitmen apa yang akan kita bawa ke sana, menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house,” kata Presiden, kemarin.

Presiden juga menegaskan pentingnya kolaborasi dan kerja sama internasional, terutama untuk kepentingan negara berkembang. 

Baca juga : Dukung Industri UMKM, Menteri Kompak Larang Cross Border

Indonesia, sebut Jokowi akan terus memperjuangkan inklusifitas dan hak-hak rakyat, termasuk dalam pengembangan industri di sektor hilir.

"Kolaborasi, kerja sama itu harus diutamakan," tegasnya.

Rombongan yang mendampingi Presiden Jokowi dalam perjalanan ini termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca juga : Tebar Kebaikan, Orang Muda Ganjar Dan 2 Komunitas Bangun Jalan Di Semanding Tuban

Tampak hadir juga pejabat tinggi negara, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar, yang melepas keberangkatan Presiden.

Kunjungan ini menjadi momentum penting bagi Indonesia dalam memperkuat peran dan kontribusinya dalam forum internasional serta mempromosikan isu-isu penting yang berdampak pada kesejahteraan rakyat Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.