Dark/Light Mode

Lindungi Kaum Perempuan

Relawan Mak Ganjar Kampanyekan Stop KDRT Lewat Penyuluhan Hukum

Rabu, 20 September 2023 15:55 WIB
loyalis Ganjar Pranowo tersebut menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT kepada puluhan ibu rumah tangga di Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan HSS, Kalimantan Selatan Kalsel, Rabu (20/9).
loyalis Ganjar Pranowo tersebut menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT kepada puluhan ibu rumah tangga di Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan HSS, Kalimantan Selatan Kalsel, Rabu (20/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Mak Ganjar terus mengampanyekan stop kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kepada masyarakat di beberapa daerah Indonesia.

Kali ini, loyalis Ganjar Pranowo tersebut menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT kepada puluhan ibu rumah tangga di Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (20/9).

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Kalsel Rusmalisa mengatakan pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang undang-undang penghapusan KDRT itu.

"Dengan adanya penyuluhan tentang KDRT ini, ibu-ibu di Pegunungan Loksado tidak mengalami kekerasan dalam rumah tangga," ucapnya.

Rusmalisa mengatakan pihaknya sebelumnya turun ke desa tersebut untuk berkoordinasi terkait hal apa yang bisa dilakukan relawan Ganjar ini.

Menurut dia, warga Loksado menginginkan penyuluhan tentang KDRT. Jadi, para perempuan dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan ketika mengalami KDRT dalam rumah tangganya.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Hadirkan Senam Jantung Untuk Jaga Kesehatan Ibu-Ibu Pringsewu

"Setelah kami berkoordinasi beberapa kali dengan masyarakat wanita di sini, ternyata ada terjadi kasus KDRT. Maka, kami adakan sosialisasi dan penyuluhan hukum tentang kasus KDRT," ungkapnya di sela-sela pelatihan.

Program yang dihadirkan loyalis Ganjar Pranowo ini sangat membantu warga desa yang belum mengerti hukum KDRT. 

"Untuk pengisi acara hari ini, kami hadirkan narasumber dari advokat atau praktisi hukum," ujarnya.

Puluhan warga yang antusias mengikuti jalannya penyuluhan itu juga diberi masukan dan cara bagaimana melakukan pengaduan serta konsultasi agar masalah itu bisa terselesaikan. 

"Harapan kami, setelah mengadakan sosialisasi tentang penghapusan KDRT ini, semoga perempuan-perempuan Indonesia, khususnya di Desa Loksado, Kalsel, tidak ada lagi kasus KDRT," tuturnya.

Rusmalisa menuturkan pihaknya terinspirasi dari bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam setiap program yang dijalankan.

Baca juga : Relawan Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Seni Ukir Kayu Di Kalbar

"Dalam menggelar penyuluhan ini, kami sangat terinspirasi dari sosok Pak Ganjar Pranowo. Dengan adanya penyuluhan ini, KDRT di Kalsel tidak ada lagi," katanya.

Pihaknya bersama para peserta penyuluhan turut mendoakan dan mengharapkan Ganjar Pranowo menang dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kami juga menyosialisasikan dan memperkenalkan sosok Bapak Ganjar kepada masyarakat Kalsel," ujarnya.

Sementara itu, Rini sebagai peserta pelatihan mengaku banyak mendapat wawasan hukum tentang KDRT.

"Sangat baik menurut saya. Terutama kami di pedesaan, kami belum tahu tentang hukum dan penyelesaiannya. Jadi, banyak wawasan setelah mengikuti penyuluhan hukum ini," katanya.

Setelah mengikuti penyuluhan itu, dia mengetahui ke mana harus mengadu ketika mengalami KDRT.

Baca juga : Cerita Kabiro Jateng Soal Ganjar: Banyak Bawa Perubahan

"Kami diberi masukan dan cara bagaimana melakukan pengaduan serta konsultasi agar masalah KDRT bisa terselesaikan," ungkapnya.

Dia juga berharap Ganjar Pranowo berkomitmen menjalankan Undang-Undang tentang Penghapusan KDRT ini.

"Kepada Pak Ganjar seandainya menang nanti, kami sebagai ibu rumah tangga agar diperjuangkan masalah KDRT," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.