Dark/Light Mode

Tekan Inflasi, Mendagri Imbau Pemda Kampanyekan Gerakan Stop Boros Pangan

Selasa, 12 September 2023 20:42 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah) saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/9). (Foto: Dok. Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah) saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/9). (Foto: Dok. Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengimbau pemerintah daerah (Pemda) untuk membantu mengampanyekan gerakan stop boros pangan.

Selama ini diketahui banyak makanan yang terbuang di Indonesia akibat konsumsi makanan yang berlebihan.

Baca juga : Tekan Emisi, Toyota Kembangkan Mobil Listrik Dan Etanol

Tito meminta agar daerah mencontoh upaya yang dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan.

“Kita harus bekerja bergerak bersama untuk menyampaikan kepada publik supaya makan dan membeli secukupnya,” ujar Tito, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Kemendagri, Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Selasa (12/9).

Baca juga : Dukung Industri UMKM, Menteri Kompak Larang Cross Border

Tito melanjutkan, berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) harga komoditas beras diketahui tengah mengalami kenaikan.

Menurutnya, upaya dalam mengampanyekan gerakan stop boros pangan menjadi hal yang penting dan mampu membantu pengendalian harga.

Baca juga : Jaga Inflasi, Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Cadangan Pangan

Tito menjelaskan, saat ini pemerintah telah melakukan berbagai langkah dalam mengantisipasi naiknya harga komoditas beras.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.