Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bidik Peluang Usaha

Relawan Mak Ganjar Kenalkan Teknik Membatik Ramah Lingkungan Di Sumenep

Kamis, 28 September 2023 23:33 WIB
sukarelawan Mak Ganjar Jawa Timur Jatim coba mengenalkan teknik membatik yang ramah lingkungan pada emak-emak di Sumenep, Kamis (28/9). (Foto: Ist)
sukarelawan Mak Ganjar Jawa Timur Jatim coba mengenalkan teknik membatik yang ramah lingkungan pada emak-emak di Sumenep, Kamis (28/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lewat pelatihan ecoprint dengan teknik pounding yang dihelat pada Kamis (28/9), sukarelawan Mak Ganjar Jawa Timur (Jatim) coba mengenalkan teknik membatik yang ramah lingkungan pada emak-emak di Sumenep. 

Pelatihan yang diikuti sekitar sedikitnya 100 emak-emak ini, sukses diadakan di Desa Ketawang Laok, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Jatim. 

Ecoprint yang menggunakan dedaunan dan bunga sebagai motif dan bahan warnanya ini pun menjadi ilmu membatik baru bagi para emak-emak yang mengikuti pelatihan dari loyalis Ganjar Pranowo ini. 

Baca juga : Kenalkan Kembali Sejarah Dan Budaya Kota Tangerang

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa ecoprint dengan teknik pounding ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya ramah lingkungan. 

"Ini juga ramah lingkungan. Karena tidak ada bahan kimia sama sekali di dalamnya. Semuanya menggunakan pewarna alami dari daun yang ada di sekitar. Kebetulan di Madura ini banyak dedaunan, jadi kita ambil itu," katanya. 

Hariza menyebut, pelatihan ini diharapkan bisa mengedukasi dan menambah keterampilan emak-emak di Sumenep akan cara membatik teranyar yang unik namun ramah lingkungan.

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kemplang Untuk Warga OKI

"Kami menambah skill pada emak-emak dengan menambahkan pelatihan ecoprint yang sekarang sedang booming dengan teknik pounding," sebut Hariza 

Selain guna menambah keterampilan para emak-emak, Hariza menuturkan bahwa pelatihan ini diharapkan juga bisa menjadi opsi bisnis baru untuk mereka yang hendak memulai usaha pembuatan batik. 

"Kami ingin mengedukasi emak-emak agar mereka tambah kreatif. Syukur-syukur mereka bisa membantu ekonomi keluarganya dengan hasil pelatihan ini bisa jadi lahan bisnis baru buat mereka," harapnya. 

Baca juga : Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri 2023

Program-program bermanfaat dari pendukung Ganjar Pranowo ini pun disebut Hariza akan terus berlanjut. Dia menuturkan, akan berkunjung ke wilayah lainnya di Jawa Timur guna mengadakan kegiatan pemberdayaan kaum emak-emak lainnya. 

"Inspirasi pertama adalah Bapak Ganjar, karena terkenal dengan pemerintah yang benar-benar suport. Terutama dengan emak-emak yang kita sudah tahu programnya sudah berjalan di Jawa Tengah selama beliau menjabat," sebut Hariza.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.