Dark/Light Mode

5 Oktober Hari Apa? Yuk Simak Sejarah, Peringatan Dan Peristiwa Besarnya

Selasa, 3 Oktober 2023 14:28 WIB
Ilustrasi bulan Oktober. (Foto: Freepik)
Ilustrasi bulan Oktober. (Foto: Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah peringatan dan peristiwa besar terjadi di tanggal 5 Oktober. Berikut ini beberapa hari penting yang akan diperingati pada hari Kamis mendatang.

Pertama, di Indonesia tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) TNI. Tahun ini, TNI memperingati hari jadinya yang ke-78 dengan mengusung tema "TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" 

Sejarahnya, sebagaimana dikutip dari laman resmi TNI, peringatan HUT TNI di tanggal 5 Oktober diambil dari momen pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, yang menjadi cikal bakal TNI saat ini.

Untuk diketahui, TKR sebelumnya bernama perubahan nama Badan Kesatuan Rakyat (BKR). Nama TNI baru digunakan setelah diresmikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 3 Juni 1947.

Tujuan dari perubahan nama menjadi TNI ini untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata, yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat yang ada di Indonesia.

Tak berhenti di situ, nama TNI kemudian sempat berubah lagi menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada tahun 1962, di bawah pemerintahah  Soekarno. 

Lagi-lagi perubahan nama ini ada tujuan tertentu. Saat itu untuk meleburkan TNI dan Polri.

Namun setelah reformasi bergulir pada tahun 1998, TNI dan Polri kembali ke wujud semula. TNI yang membidangi pertahanan membawahi tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Sementara Polri membidangi masalah keamanan.

Selain HUT TNI, tanggal 5 Oktober juga diperingati sebagai Hari Guru Sedunia. Adalah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yang meresmikan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia.

Dikutip dari laman Kemdikbud, Hari Guru Sedunia ini dirayakan untuk memperingati penandatanganan rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UNESCO mengenai status guru di tahun 1966.

Rekomendasi dari ILO dan UNESCO ini telah menjadi pedoman mengenai hak dan kewajiban, standar untuk persiapan pendidikan awal dan berkelanjutan, perekrutan, pekerjaan, serta kondisi belajar mengajar bagi para guru. Rekomendasi ini juga memberikan instrumen kepada guru di seluruh dunia untuk mendefinisikan tanggung jawab mereka dan mengukuhkan hak-hak yang mereka miliki. 

Meskipun rekomendasi ini telah ada sejak tahun 1966, UNESCO baru menetapkan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia pada tahun 1994.

Baca juga : Hanya 2 Hari! KAI Hadirkan Sensasi Pedagang Asongan Di KLB Nostalgic Culinary

Tanggal 5 Oktober juga diperingati sebagai Hari Internasional Tanpa Prostitusi. Di beberapa negara, tanggal 5 Oktober juga diperingati sebagai hari penting.

Misalnya di Vanuatu, tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Konstitusi. Di Bolivia, diperingati sebagai Hari Insinyur.

Peristiwa Besar Pada Tanggal 5 Oktober

Pada tanggal 5 Oktober, terjadi beberapa peristiwa bersejarah yang signifikan. Di bawah ini adalah ringkasan peristiwa-peristiwa tersebut sejak tahun 1900:

1. Tahun 1905 - Wright bersaudara mencetak rekor dunia dalam penerbangan dengan Wright Flyer III, terbang sejauh 24 mil dalam 39 menit.

2. Tahun 1910 - Portugal mengalami revolusi yang mengakibatkan digulingkannya monarki dan pendirian republik.

3. Tahun 1911 - Kereta Api Kowloon-Canton mulai beroperasi.

4. Tahun 1914 - Perang Dunia I: Pesawat pertama berhasil menembak jatuh pesawat lain.

5. Tahun 1921 - World Series disiarkan melalui radio untuk pertama kalinya.

6. Tahun 1930 - Pesawat terbang Inggris R101 jatuh di Prancis, menewaskan 48 orang dalam perjalanan menuju India.

7. Tahun 1936 - Jarrow March, sekelompok pengangguran yang marah, berangkat ke London untuk memprotes pengangguran.

8. Tahun 1938 - Di Jerman Nazi, paspor orang Yahudi dibatalkan.

9. Tahun 1943 - Pasukan Jepang mengeksekusi 98 tawanan perang Amerika di Pulau Wake.

Baca juga : Pertamina Siap Menjadi Market Leader Perdagangan Karbon Di Indonesia

10. Tahun 1944 - Pemerintah Sementara Republik Prancis memberikan hak pilih kepada perempuan.

11. Tahun 1945 - Pemogokan oleh para dekorator set Hollywood berubah menjadi kerusuhan berdarah di gerbang studio Warner Brothers.

12. Tahun 1947 - Presiden Truman memberikan pidato di Oval Office yang disiarkan di televisi untuk pertama kalinya.

13. Tahun 1962 - Film pertama dari seri James Bond, "Dr. No," dirilis di Inggris.

14. Tahun 1962 - The Beatles merilis singel pertama mereka, "Love Me Do," di Inggris.

15. Tahun 1963 - Amerika Serikat menangguhkan Program Impor Komersial sebagai tanggapan terhadap penindasan mayoritas Buddha oleh rezim Presiden Ngo Dinh Diem di Vietnam Selatan.

16. Tahun 1966 - Reaktor di Stasiun Pembangkit Nuklir Enrico Fermi di dekat Detroit mengalami kerusakan parsial.

17. Tahun 1968 - Pawai Asosiasi Hak-hak Sipil di Irlandia Utara di Derry dibubarkan dengan kekerasan oleh polisi.

18. Tahun 1970 - Public Broadcasting Service (PBS) didirikan di Amerika Serikat.

19. Tahun 1970 - Komisaris Perdagangan Inggris, James Cross, diculik oleh Front de libération du Québec, memicu Krisis Oktober di Kanada.

20. Tahun 1974 - Ledakan bom yang ditanam oleh PIRA di pub-pub di Guildford, Inggris, menewaskan empat tentara Inggris dan satu warga sipil.

21. Tahun 1982 - Produk Tylenol ditarik kembali setelah botol-botol yang dicampur dengan sianida menyebabkan tujuh kematian di Chicago.

Baca juga : Hindari Serangan Lawan, Pengamat Sarankan Prabowo Pilih Cawapres Bebas Kasus

22. Tahun 1984 - Marc Garneau menjadi orang Kanada pertama yang pergi ke luar angkasa.

23. Tahun 1986 - The Sunday Times mempublikasikan cerita Mordechai Vanunu yang mengungkapkan senjata nuklir rahasia Israel.

24. Tahun 1988 - Koalisi oposisi mengalahkan Augusto Pinochet dalam pemilihan umum di Chili.

25. Tahun 1990 - Setelah 150 tahun, surat kabar The Herald di Melbourne, Australia, diterbitkan untuk terakhir kalinya sebagai surat kabar independen.

26. Tahun 1991 - Kecelakaan pesawat C-130 milik TNI AU menewaskan 135 orang.

27. Tahun 1999 - Kecelakaan kereta api Ladbroke Grove di London Barat menewaskan 31 orang.

28. Tahun 2000 - Demonstrasi massal di Serbia memaksa pengunduran diri Slobodan Milosevic.

29. Tahun 2011 - Dalam pembantaian di Sungai Mekong, dua kapal kargo Tiongkok dibajak dan 13 awak kapal tewas.

Namun perlu diketahui, bahwa tanggal 5 Oktober tahun ini tidak masuk dalam daftar hari libur nasional atau bukan tanggal merah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.