Dark/Light Mode

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Tembus 40,9 Persen

Jumat, 6 Oktober 2023 21:38 WIB
Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Jumat (6/10). Foto: Istimewa
Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Jumat (6/10). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto konsisten berada di papan atas bursa Capres 2024. Kali ini, tergambar hasil survei Lembaga Suvei Nasional (LSN).

Prabowo kokoh di puncak atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dengan skor 40,9 persen. Sementara, di posisi kedua berusaha mengejar Capres Ganjar Pranowo dengan angka 33,1 persen dan Anies Baswedan di angka 22,2 persen.

Sementara, sebanyak 3,8 persen responden belum punya pilihan (undecided).

Baca juga : Survei Litbang Kompas Terbaru: Ganjar Pranowo Presiden Pilihan Gen Z

"Data ini menegaskan, kendati elektabilitas Ganjar sedikit mengalami kenaikan, namun Prabowo tetap teratas," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Jumat (6/10).

Gema merincikan tiga faktor utama kenapa Prabowo masih dominan di Survei LSN. Pertama, faktor tafsir dukungan dari Presiden Jokowi, menjadi penyebab utama sulitnya Ganjar mengejar Elektabilitas Prabowo.

"Bagian terbesar publik atau 48,5 persen responden meyakini bahwa bacapres yang akan mendapatkan endorsement dari Presiden Jokowi untuk menjadi Presiden RI 2024-2029 adalah Prabowo Subianto," jelasnya.

Baca juga : PAN Happy Elektabilitas Erick Thohir Moncer Di Jatim

Faktor kedua, bergabungnya Partai Demokrat dan semakin mantapnya dukungan dari partai-partai dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) berefek positif bagi kokohnya elektabilitas bacapres Prabowo Subianto.

"Pemilih Partai Demokrat pada bulan Juli 2023 yang mendukung Prabowo baru 32,8 persen, namun setelah resmi bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo meningkat menjadi 42,8 persen," terang Gema.

Faktor ketiga, keberhasilan kubu Prabowo membangun strategi inklusif untuk menampung dan mempersatukan seluruh komponen bangsa juga menjadi faktor penentu.

Baca juga : Survei Indikator: Ganjar Pranowo Dominasi Citra Positif

"Kini semua orang, semua unsur masyarakat maupun kekuatan politik seakan-akan merasa nyaman bersama Prabowo. Prabowo tidak lagi menjadi common enemy seperti pada Pilpres 2019," pungkasnya.

Diketahui, survei LSN ini dilakukan pada periode 20-30 september 2023 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 1420 responsen diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara angkat bertingkat. Adapun, Margin of Error kurang lebih 2,6 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.