Dark/Light Mode

Sepekan Usai Deklarasi AMIN

Elektabilitas Anies Naik

Senin, 18 September 2023 07:30 WIB
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). (Foto: Antara)
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepekan usai deklarasi duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai Capres-Cawapres di Surabaya awal September lalu, elektabilitas Anies di Jawa Timur (Jatim) melesat.

Ini diketahui dari hasil Survei Politika Research and Consulting (PRC) terbaru. Elektabilitas Capres dari Koalisi Perubahan ini naik menjadi 18,3 persen. April lalu, angkanya ada di 14 persen.

Baca juga : Pasca Deklarasi AMIN, Elektabilitas Ganjar Moncer Di Jatim, Prabowo Turun

"Kami syukuri dengan terus bekerja keras untuk peningkatan elektabilitas Pak Anies di Jawa Timur," kata Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Wakil Ketua MPR ini makin pede. Sebab, peningkatan elekta­bilitas Anies terjadi tak lama usai Capres Koalisi Perubahan itu menggandeng Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar. Apalagi, Jawa Timur memang diakui se­bagai provinsi yang masih lemah bagi Anies.

Baca juga : Di Peta Politik Jatim Pasca Deklarasi AMIN, Erick Tetap Cawapres Teratas

Selain itu, dalam survei PRC, pemilih PKB kepada Anies solid. Artinya, loyalitas pemilih PKB mulai terbukti. Gus Jazil yakin, elektablitas Anies akan terus me­ningkat seiring dengan sosialisasi yang terus digencarkan. Terlebih, hadirnya Muhaimin sebagai putra daerah dan keturunan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) menarik masyarakat Jatim yang sebagian besar nahdliyin.

“Kami optimistis melihat sam­butan dan harapan masyarakat untuk perubahan. AMIN akan bersama rakyat mewujudkan perubahan ke arah yang lebih adil," pungkasnya.

Baca juga : Survei SRS: Usai Deklarasi AMIN Di Jatim, Prabowo Masih Unggul

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo menjelaskan, meski masih di posisi ketiga di Jatim, elektabilitas Anies naik hanya seminggu setelah deklarasi di Hotel Majapahit Surabaya, 3 September lalu.

"Kami melakukan survei di tanggal 7, artinya dalam waktu seminggu sudah ada perubahan di angka 4,3 persen. Sangat me­narik dalam waktu singkat ada proses peralihan suara," kata Rio dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.