Dark/Light Mode

Survei IPS: Elektabilitas Prabowo Masih Ungguli Capres Lain

Minggu, 24 September 2023 09:37 WIB
Capres Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Capres Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto kian moncer di bursa Capres 2024. Di survei terkini Indonesia Polling Stations (IPS), Menteri Pertahanan itu menduduki posisi teratas dengan elektabilitas 40,8 persen. Mengungguli Capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Sebanyak 40,8 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini. Kemudian, Ganjar Pranowo dipilih oleh 35,9 persen dan Anies Baswedan oleh 20,2 persen. Sementara, 3,1 persen belum menentukan pilihannya," ujar Peneliti IPS, Alfin Sugianto dalam keterangannya, Minggu (24/9).

Dengan demikian, hasil survey menunjukkan bahwa Prabowo Subianto tetap leading atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan ketika responden diajukan pertanyaan tertutup dengan tiga nama saja.

Baca juga : Survei JJI : Prabowo - Airlangga Pasangan Terkuat di Pilpres 2024

Pun, ketika Prabowo disurvei bertarung head to head dengan Ganjar maupun Anies. Sosok Ketua Umum (Ketum) Prabowo Subianto tetap dipuncak.

Survei membuktikan, ketika dihadapkan dengan Anies, Prabowo menang telak. Sebanyak 56,2 persen mengaku akan memilih Prabowo dan hanya 36,5 persen responden yang menyatakan dukungannya pada Anies, sementara sebanyak 7,3 persen responden belum menentukan pilihannya.

Ketika dibuat simulasi head to head ini pada putadan pilpres kedua dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Anies, elektabilitas kedua bacapres itu semakin lebar dan dominasi bacapres Partai Gerindra tersebut kian jauh meninggalkan Anies.

Baca juga : Pengamat Beberkan Kelebihan Jika Prabowo Pilih Yusril sebagai Bacawapres

Kemenangan juga menyertai Prabowo ketika head to head dengan Ganjar Pranowo. Jika saat ini dilaksanakan Pilpres putaran kedua dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Ganjar, sebanyak 51,8 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Prabowo.

"Sebanyak 51,8 persen responden mengaku memilih Prabowo kemudian 39,1 persen menyatakan memilih Ganjar. Sebanyak 9,1 persen responden menyatakan belum punya pilihan," katanya.

Survei IPS ini dilakukan pada periode 5-15 September 2023 di 38 Provinsi Seluruh Indonesia. Jumlah sampel 1200 responden yang diperoleh melalui teknik acak bertingkat. Margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.