Dark/Light Mode

Silaturahmi Dengan Dinasti Nusantara

Raja-Sultan Kalimantan Minta Ganjar Lebih Apresiasi Kontribusi Alam Mereka

Senin, 9 Oktober 2023 09:24 WIB
Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Dinasti Nusantara bersilaturahmi kepada para tokoh masyarakat adat dan keluarga keturunan raja-sultan di Pulau Kalimantan, Minggu (8/10). (Foto: Ist)
Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Dinasti Nusantara bersilaturahmi kepada para tokoh masyarakat adat dan keluarga keturunan raja-sultan di Pulau Kalimantan, Minggu (8/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Dinasti Nusantara bersilaturahmi kepada para tokoh masyarakat adat dan keluarga keturunan raja-sultan di Pulau Kalimantan, Minggu (8/10).

Kedatangan mereka itu untuk memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029 sekaligus menyerap aspirasi dari pada peserta acara yang digelar di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Kami ingin ada perbaikan. Kami melihat bahwa visi-misinya ini kami sudah bisa memahami. Walaupun, kami (tetap) minta penjelasan secara detail dari Dinasti Nusantara (ada kegiatan tersebut)," kata salah seorang tokoh masyarakat adat setempat, Dr H M Thamrin Noor MM.

Melalui kegiatan tersebut, para raja-sultan dan tokoh masyarakat adat dikenalkan dengan sosok Ganjar yang diyakini masih memiliki garis keturunan dari keluarga kerajaan di wilayah Sunda dan Jawa.

Baca juga : Silahturahmi Dengan Pimpinan Ponpes Se-Cianjur, Ganjar Didoakan Jadi Presiden RI

Selain itu, mereka juga diajak berdiskusi bersama Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan dan KPH H Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat.

"Harapan kami, beliau memahami betul. Kami ingin melihat juga. Bagaimana gerakan beliau dalam memimpin di bumi nusantara ini. Termasuk, Kalimantan ini. Di Jawa, barang kaki sudah kelihatan tapi untuk Kalimantan saya kira perlu lebih intensif lagi nanti," tutur Thamrin.

Adapun, para peserta silaturahmi kali ini berasal dari berbagai wilayah di Pulau Kalimantan, antara lain dari Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Mewakili para peserta diskusi tersebut, Thamrin juga berharap Ganjar lebih memperhatikan pembangunan di wilayah Kalimantan mengingat kontribusinya yang teramat besar bagi bangsa dan negara Indonesia selama ini.

Baca juga : Relawan Kajol Ganjar Gelar Turnamen Futsal Antar Ojol Di Kabupaten Bogor

"Harapan kami, beliau tanggapi aspirasi, pemikiran, potensi. Kontribusi (Kalimantan) buat negara juga sangat besar dengan hasil sumber daya alam kami, resources kami, kuat. Dulu kayu, sekarang sawit. Nah ini betul-betul beliau memperhatikan," ujarnya.

Setelah berdiskusi, para peserta pun menunjukkan dukungannya untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 dengan menandatangani surat pernyataan dan spanduk yang telah disediakan.

Aksi tersebut diakui sebagai wujud komitmen para raja-sultan dan tokoh masyarakat adat setempat untuk memenangkan Ganjar menjadi presiden. "Saya siap mendukung secara pribadi maupun massa saya," kata Thamrin menegaskan.

Selain menggelar silaturahmi, para sukarelawan Dinasti Nusantara juga melakukan kunjungan ke beberapa situs adat lokal dan bertemu para tokoh masyarakat adat hingga kepala daerah setempat.

Baca juga : Relawan Dinasti Nusantara Cirebon Siap Menangkan Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Kedatangan para sukarelawan Ganjar itu pun mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat adat di Kalimantan Tengah yang ditunjukkan lewat jamuan makan hingga pertunjukan kesenian tradisional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.