Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Datang Ke Ponpes Cipasung

Ganjar Berziarah Dan Diskusi Bareng Ulama Soal Pendidikan Pesantren

Selasa, 10 Oktober 2023 15:33 WIB
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren Ponpes Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam rangka bersilahturahmi dengan tokoh-tokoh, ulama dan Kiai yang ada di wilayah Tasikmalaya. (Foto: Ist)
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren Ponpes Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam rangka bersilahturahmi dengan tokoh-tokoh, ulama dan Kiai yang ada di wilayah Tasikmalaya. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, masih dalam rangka bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh, ulama dan Kiai yang ada di wilayah Tasikmalaya. Termasuk juga dengan Pimpinan Ponpes Cipasung, yakni KH Ubaidillah Ruhiat.

“Ya saya mau silaturahmi, sudah lama sekali baru hari ini bisa karena beliau (KH Ubaidillah Ruhiat) pernah berjumpa kami,” kata Ganjar di sela-sela mengunjungi Ponpes Cipasung, Selasa (10/10).

Saat tiba Ganjar di Ponpes Cipasung, Ganjar langsung beramah-tamah dengan Kiai dan Ulama yang sudah menunggunya. Kebanyakan Kiai dan Ulama ini berasal dari wilayah Jawa Barat.

Baca juga : Datangi Desa Terpencil Di Tasikmalaya, Ganjar Dialog Dan Menginap Di Rumah Warga

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga mendengarkan masukan dari para Kiai dan Ulama di dalam pertemuan tersebut. Kebanyakan mereka berbicara mengenai perhatian terhadap pendidikan di pondok pesantren.

“Kami diskusi banyak hal dan hari ini bisa bertemu dengan warga di (Ponpes) Cipasung dan tentu saja kami senang sekali bisa diterima banyak ulama tadi datang diskusi,” beber Ganjar.

“Tapi intinya sama, di mana perhatian pemerintah pada Ponpes ya alhamdulillah sudah ada undang-undanganya, PR-nya tinggal satu kita laksanakan undang-undangnya,” imbuh Ganjar.

Baca juga : Ganjar Bicara Pentingnya Pendidikan Vokasi Bagi Santri

Usai berdiskusi, Ganjar juga berziarah ke makam Pendiri Pesantren Cipasung Tasikmalaya, KH Ruhiat. Sementara, Pimpinan Ponpes Cipasung KH Ubaidillah Ruhiat mendoakan agar Ganjar Pranowo bisa terpilih menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

“Saya atas nama pimpinan Ponpes dengan kedatangan beliau saya mendoakan kepada beliau, mudah-mudahan kalau Pak Ganjar menjadi presiden, menjadi pemimpin yang betul-betul bijak amanah, jujur dan siap untuk bela agama dan negara,” kata KH Ubaidillah.

Namun KH Ubaidillah sedikit memberikan pesan kepada Ganjar bilamana dilantik menjadi Presiden agar tidak lupa dengan Ulama dan Kiai. Serta tetap menjadi sosok yang rendah hati seperti sekarang ini.

Baca juga : Silahturahmi Ke Ponpes Al-Jauhariyah, Ganjar Dapat Sorban Hingga Diskusi Soal Pendidikan

“Jadi maksudnya kalo dia jadi Presiden dia siap untuk memajukan pesantren di mana mana. Mohon kepada Pak Ganjar, disamping itu harus tetap tawadhu dan betul-betul dia ingin menjadi pemimpin yang baik dan amanah,” tutur dia.

Ketika datang ke Ponpes Cipasung, Ganjar mendapatkan respons yang sangat meriah dari para santri. Mereka mengerubungi Ganjar untuk bersalaman ataupun meminfa foto bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.