Dark/Light Mode

Silaturahmi Ke Ponpes Darussalam Ciamis

Ganjar Bicara Pentingnya Pendidikan Vokasi Bagi Santri

Senin, 9 Oktober 2023 17:29 WIB
Bakal Calon Presiden Bacapres Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren Ponpes Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10). (Foto: Ist)
Bakal Calon Presiden Bacapres Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren Ponpes Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10). Kedatangannya dalam rangka silahturahim kebangsaan bersama keluarga besar Ponpes Darussalam.

Para santri sangat antusias menyambut kedatangan Ganjar. Mereka berbaris sejak depan gerbang Ponpes Darussalam untuk berfoto atau bersalaman dengan Ganjar.

Ketika tiba, Ganjar langsung disambut oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Prof Dr KH Fadlil Munawwar Manshur. M.S. Ganjar pun diberikan sorban berwarna merah oleh KH Fadlil Munawwar.

Keduanya pun sempat berbincang di dalam rumah KH Fadlil Munawwar. Barulah, Ganjar berjalan ke Aula Pondok Pesantren Darussalam Ciamis untuk berdiskusi dan berbincang dengan keluarga besar. 

Baca juga : Hadiri Silaturahmi Masyayikh Se-Indonesia Di Banjar, Ganjar Serap Aspirasi Ulama

Menurut Ganjar, dirinya banyak mendapatkan aspirasi dan masukan terkait Pondok Pesantren Darussalam Ciamis yang menginginkan agar institusi bisa menjadi universitas. 

Saat ini, Pondok Pesantren Darussalam Ciamis sudah Institut Agama Islam Darussalam (IAID) yang merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam dengan menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan.

“Tadi ada masukan agar institutnya bisa menjadi Universitas karena sudah satu tahun lebih belum selesai dan kami akan coba bantu komunikasi dengan Gusmen (Menteri Agama) insyallah lancar,” ujar Ganjar usai silahturahim bersama dengan keluarga besar Ponpes Darussalam Ciamis.

Ganjar pun memuji Ponpes Darussalam Ciamis karena menjadi salah satu lembaga pendidikan yang lengkap. Karena itulah dia berbicara pentingnya pendidikan vokasi bagi santri Ponpes Darussalam Ciamis bisa semakin berkembang dengan mempunyai keterampilan hidup.

Baca juga : Raja-Sultan Kalimantan Minta Ganjar Lebih Apresiasi Kontribusi Alam Mereka

“Umpama pendidikan vokasi di tingkat sekolah, santri-santri agar mereka punya keterampilan hidup kedua kolaborasi produk,”ungkap Ganjar.

“Jadi biasanya santri-santri punya satu produk di sekolahan bisa dikolaborasikan dengan perusahaan dan sebagainya, maka proses ini bisa membikin anak-anak kita berkualitas pengetahuan anak-anak cukup tinggi termasuk memahmi digital ya,” imbuh dia.

Dia pun optimis jika kolaborasi antara pesantren dengan pemerintah berjalan terus maka hasilnya akan menjadikan santri-santri berkualitas.

“Saya kira kolaborasi antara yang punya pesantren dengan pemerintah jadi satu untuk menyiapkan anak-anak diterima di masyarakat menjadi sebuah kewajiban,” ucapnya.

Baca juga : Silahturahmi Ke Ponpes Al-Jauhariyah, Ganjar Dapat Sorban Hingga Diskusi Soal Pendidikan

Sementara, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Prof Dr KH Fadlil Munawwar Manshur, menilai Ganjar Pranowo adalah sosok yang sangat peduli dengan pondok pesantren.

“Kemudian kedua beliau juga memperhatikan pesantren dan cukup besar,” katanya.

Dia pun mendoakan agar Ganjar selalu diberikan kesehatan, serta keinginannya bisa segera terwujud.

“Harapannya semoga berjalan baik, tokoh-tokoh nasional semua dalam lindungan Allah, sehat walafiat. Aamiin,” urai KH Fadlil Munawwar Manshur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.