Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Datangi Desa Terpencil Di Tasikmalaya, Ganjar Dialog Dan Menginap Di Rumah Warga

Selasa, 10 Oktober 2023 09:03 WIB
Bakal Calon Presiden Bacapres Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Nagrog, Desa Muncang, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ist)
Bakal Calon Presiden Bacapres Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Nagrog, Desa Muncang, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Nagrog, Desa Muncang, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kedatangan Ganjar pada, Senin (9/10) malam, dalam rangka dialog dengan warga sekaligus melihat sumur Artesis yang baru dibuat di Desa tersebut. 

Ganjar sebelumnya bersilahturahmi dengan mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Ponpes Al-Quran Cijantung, berziarah ke Makam Ulama Besar Syekh Abdul Muhyi dan Sowan Ke Ponpes Miftahul Huda Manonjaya.

Ganjar tiba langsung disambut oleh antusias oleh warga. Kemudian langsung menuju ke salah satu rumah warga setempat yang bakal diinapinya. Sebelum berdialog, Ganjar makan malam bersama warga setempat. Sesi dialog antara warga dengan Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun dimulai.

Dialog diawali dengan pembicaraan mengenai sumur yang akhirnya bisa hadir di Desa Muncang. Ganjar menanyakan perasaan warga sekitar yang kini bisa lebih mudah mendapatkan air walaupun sedang.

“Gimana perasannya?,” tanya Ganjar.

Baca juga : Dukungan Jadi Cawapres Terus Bermunculan, Gibran Masih Tahan Godaan

“Alhamdulillah senang sekali,” timpal para warga.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menjelaskan kedatangannya ini untuk menepati janji melihat langsung sumur yang sudah ada di Desa Muncang.

“Saya ngecek aja, dulu ada pak Kiai datang bertemu saya ngobrol tentang kondisi desanya dan saya tanya dari mana Tasikmalaya oh jauh sekali. Terus cerita kondisi sudah lama gak dapat air karena gak ada, terus berceritalah kondisi yang ada dan tentu dengan segala kondisinya yuk kita ikhtiar,” tuturnya.

“Dulu saya mau nengok tapi karena belum ada waktu, maka sekarang alhamdulillah sambutan masyarakat sangat luar biasa dan air menjadi pokok sangat penting jadi sumber kehidupan,” imbuh Ganjar.

Sementara, Latip Usman salah satu warga Desa Muncang merasa senang karena kebutuhan warga desanya bisa mendapatkan air secara mudah, setelah belasan tahun warga menunggu bantuan sumur Artesis untuk menghadapi musim kemarau.

“Mangkanya saya sangat berterima kasih atas kebaikan Pak Ganjar, tanpa proposal tanpa apa-apa alhamdulillah sekarang kebutuhan kami yang ada di sini sudah terealisasi,” kata Latip.

Baca juga : Silahturahmi Ke Ponpes Al-Jauhariyah, Ganjar Dapat Sorban Hingga Diskusi Soal Pendidikan

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Ganjar Pranowo karena sudah peduli dengan Desa Muncang, salah satunya melalui bantuan sumur Artesis. 

“Alhamdulillah setelah dapat bantuan air tealiri semua rumah warga,” ungkap Latip.

Setelah berdialog, Ganjar kemudian menginap ke salah satu rumah warga yaitu Doni. Ia akan tidur di salah satu kamar yang sudah disiapkan Doni.

Doni pun merasa bahagia karena rumahnya didatangi oleh salah satu tokoh nasional yaitu Ganjar Pranowo. Apalagi dia tak pernah menyangka rumah sederhananya bisa menjadi salah satu tempat Ganjar untuk bermalam di Desa Muncang

“Sangat bangga, enggak pernah (nyangka) seperti mimpi,” tutur Doni.

Doni mengaku tidak ada tokoh nasional selain Ganjar Pranowo yang singgah di Desa Muncang. Sampai sekarang dia pun masih tidak menyangka jika Ganjar tidur di kediamannya.

Baca juga : Malam Ini, Presiden Jokowi Terima Mantan Mentan SYL Di Istana

“Perasannya kaya dalam mimpi percaya enggak percaya,” ucap Doni.

Senada, tokoh agama Desa Muncang Herlan mengatakan daerahnya baru pertama kali didatangi oleh tokoh nasional seperti Ganjar Pranowo. Ia bilang sosok Ganjar sangat merakyat dan sudah teruji karena sudah menyambangi sebuah desa di Tasikmalaya.

“Itu sangat-sangat bagus, karena di sini belum ada yang seperti beliau. Merakyat seperti beliau,” kata Herlan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.