Dark/Light Mode

Respons Kekeringan Di Kabupaten Kendal

Relawan Pena Mas Ganjar Cukupi Kebutuhan Air Bersih 200 Warga Desa Curuban

Sabtu, 21 Oktober 2023 22:04 WIB
Alumni Muda dan akademisi UNDIP, UNNES, dan UNS yang tergabung dalam sukarelawan Pena Mas Ganjar, menyalurkan air bersih untuk 200 warga di RW 004 Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: Ist)
Alumni Muda dan akademisi UNDIP, UNNES, dan UNS yang tergabung dalam sukarelawan Pena Mas Ganjar, menyalurkan air bersih untuk 200 warga di RW 004 Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Muda dan akademisi UNDIP, UNNES, dan UNS yang tergabung dalam sukarelawan Pena Mas Ganjar, menyalurkan air bersih untuk 200 warga di RW 004 Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hamzah Bastian selaku penanggungjawab Pena Mas Ganjar mengatakan, bantuan air bersih diberikan sebagai respons atas kekeringan dan kesulitan air bersih yahg terjadi akibat musim kemarau berkepanjangan.

“Dari yang kita survey kemarin bahwa di daerah ini sulit air dan kekeringan jadi kita lebih memprioritaskan warga di sini untuk mendapatkan air bersih,” ujar Hamzah, Sabtu (21/10/2023).

Baca juga : Peduli Lingkungan, Relawan Orang Muda Ganjar Bersih-Bersih Pantai Taplau

Adapun bantuan air bersih sebanyak 2 tangki air itu diberikan Pena Mas Ganjar kepada warga RW 004 Desa Caruban secara gratis.

Hal itu dilakukan guna membantu warga ihwal kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari dalam rumah tangga, seperti minum dan masak.

Warga pun berbondong-bondong mendatangi lokasi kegiatan Pena Mas Ganjar yang merupakan pendukung Capres 2024 Ganjar Pranowo itu dan antre untuk mendapatkan air bersih.

Baca juga : Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Cek Kesehatan Gratis Untuk Warga di Bekasi

“Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa. Ini mengumpulkan beberapa warga di sini yang sedang kekeringan dan alhamdulillah warganya banyak yang datang ke sini,” kata Hamzah.

Ketua RW 004 Desa Caruban, Romadhon menyebut bantuan air bersih dari Pena Mas Ganjar sangat tepat sasaran dan bermanfaat untuk para warga.

Dia mengungkapkan, selama musim kemarau warga mengandalkan sumur bor untuk mendapatkan air. Namun sumur yang digunakan warga mengalami penurunan drastis dari jumlah debit air yang biasa didapatkan.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gotong Royong Bareng Warga Bantu Bangun Madrasah

“Biasanya di sini pakai sumur bor. Kebetulan kalau musim kemarau alirannya kecil, jadi untuk dikonsumsi sangat minim,” jelas Romadhon.

Oleh sebab itu, Romadhon menghaturkan terima kasih kepada sukarelawan Pena Mas Ganjar yang telah hadir untuk memberikan perhatian dan kepeduliannya kepada warga terkait kebutuhan air bersih.

“Alhamdulillah ini sangat membantu untuk warga, untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau ini, semoga bisa bermanfaat,” ucap Romadhon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.