Dark/Light Mode

Gelar Kopi Darat

Relawan Pena Mas Ganjar Dicurhati Sopir Angkutan Umum Di Kota Semarang

Minggu, 15 Oktober 2023 06:59 WIB
Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro UNDIP, Universitas Negeri Semarang UNNES, dan Universitas Negeri Sebelas Maret UNS yang tergabung dalam sukarelawan Pena Mas Ganjar melakukan dialog bersama para sopir angkutan umum di Kota Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)
Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro UNDIP, Universitas Negeri Semarang UNNES, dan Universitas Negeri Sebelas Maret UNS yang tergabung dalam sukarelawan Pena Mas Ganjar melakukan dialog bersama para sopir angkutan umum di Kota Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam sukarelawan Pena Mas Ganjar melakukan dialog bersama para sopir angkutan umum di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berlokasi di Burjo Semarang Vol 2, Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (14/10/23), para sopir angkutan umum mencurahkan keluh kesah dan aspirasi yang dialami. 

Koorda Pena Mas Ganjar Kudus, Nor Rahmat Sholichin mewakili Koorwil Jateng mengatakan acara kopi darat atau kopdar yang diselenggarakan secara sederhana ini sukses menarik animo para sopir angkutan umum yakni angkot.

"Untuk kegiatan hari ini tadi kita pertama ya rangkaian acara pembukaan terus kita ada beberapa diskusi perihal keluh kesah dari sopir angkot," kata dia.

Baca juga : Relawan Nelayan Pesisir Ganjar Gelar Pelatihan Medsos Untuk Anak Nelayan Jatim

Ada beragam curhatan sopir angkot yang disampaikan pada diskusi mulai dari sepinya penumpang hingga meminta penambahan jalur trayek.

Sholichin menyebut seluruh aspirasi tersebut akan dihimpun dan disampaikan kepada Ganjar Pranowo untuk ditindaklanjuti.

"Untuk keluhan sopir angkot sendiri itu memang persaingan terkait penumpang. Biasanya karena sopir angkot di era sekarang yang semuanya udah berbasis teknologi memang kepada ojek-ojek berbasis online," terang dia.

"Tapi memang mereka juga mengeluhkan terkait rangkaian ataupun jalan-jalan angkot. Karena jalur angkot itukan jadi satu jadi dari dulu sampai sekarang, makanya pengennya ataupun ada harapannya dari sopir angkot itu ada eskalasi ke daerah-daerah ataupun ke pedesaan," imbuhnya.

Baca juga : Meriahnya Program Bugar Ceria Dari Relawan Kowarteg Ganjar Di Jakarta Barat

Sebab, bakal calon presiden (bacapres), Ganjar Pranowo menyatakan siap mengembangkan transportasi umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, serta mengurangi kemacetan dan menjaga lingkungan di Indonesia.

Ganjar menegaskan bahwa pengembangan transportasi umum adalah salah satu program yang akan menjadi prioritasnya.

"Jadi untuk kita sebagai sukarelawan Pena Mas Ganjar memang secara kedudukan politik kita ada kedekatan ataupun kita mempunyai hak tersendiri untuk memberikan aspirasi kepada pak Ganjar. Karena memang dari Pak Ganjar sendiri itu tidak sekedar pemenangan dia sebagai presiden tapi memikirkan pasca terpilihnya sebagai presiden," tutup dia.

Budiono (56) Humas Paguyuban Angkot Trayek Karangayu - Panjangan merespon positif kegiatan diskusi tersebut untuk mengutarakan keluh kesah yang dialami para pengemudi angkot.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Ajak Milenial Jaga Lingkungan Di Yogyakarta

"Dengan adanya diskusi ini saya bisa mengeluarkan unek-unek saya, saya seneng sekali dengan adanya diskusi ini. Saya mohon kepada bapak Ganjar, saya tetap mendukung pak Ganjar apapun itu," kata Budiono. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.