Dark/Light Mode

Peringati Sumpah Pemuda Di Maluku

Mahfud Ingatkan Generasi Z Dan Milenial Pupuk Rasa Nasionalisme

Sabtu, 28 Oktober 2023 13:41 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD di sela memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama Majelis Latupati Kota Ambon, di Universitas Pattimura, Sabtu (28/10/23). (Foto: Istimewa)
Menko Polhukam Mahfud MD di sela memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama Majelis Latupati Kota Ambon, di Universitas Pattimura, Sabtu (28/10/23). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berpesan kepada generasi muda untuk terus menjaga nasionalisme.

Jangan sampai perjuangan generasi muda masa lampau sia-sia. Karena generasi penerus tidak menjaga kemerdekaan.

"Kita tentu mempunyai pemuda yang progresif revolusioner yang mengantarkan Indonesia menjadi negara merdeka. Perjuangan ini harus diteruskan," kata Mahfud MD di sela memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama Majelis Latupati Kota Ambon, di Universitas Pattimura, Sabtu (28/10/23).

Baca juga : Hari Sumpah Pemuda, Momentum Bangkitkan Semangat Kolaborasi Majukan Negeri

Dalam peringatan Sumpah Pemuda bertema Jujaro dan Mungare Bersama Membangun Negeri untuk Indonesia Emas 2045 ini, hadir sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat dan dan para Pemuda yang tergabung dalam Komponen Pemuda Adat Maluku.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut, sekarang Indonesia jauh lebih maju karena punya negara yang merdeka berdasarkan konstitusi. 

Generasi muda, terutama generasi z dan milenial, tinggal mengisi kemerdekaan ini untuk memajukan dan mengembangkan diri. "Karena negara sudah memberi fasilitas," tuturnya.

Baca juga : Menko PMK Minta Pemda Majukan Ponpes Dan Para Santrinya

Generasi muda, diharapkan maju dan bekerja sama dengan generasi yang lebih tua untuk mencapai Indonesia Emas. Sebab, kemerdekaan, kata Bung Karno, adalah jembatan emas.

"Jembatan untuk digunakan menyeberang ke Indonesia yang lebih baik, Indonesia Emas. Ini akan tercapai kalau seluruh elemen generasi baik-baik menjaga negeri ini," pesannya.

Mahfud juga optimistis dengan kapasitas generasi anak muda saat ini. Dia menilai, generasi muda Indonesia sekarang ini jauh lebih cerdas. Selain itu, pada umumnya memiliki rasa ke-Indonesiaan yang dalam.

Baca juga : Dongkrak Nilai Tambah Produksi, Kementan Genjot Petani Milenial Di Pasuruan

"Menjadi tugas Pemerintah harus memfasilitasi agar nasionalisme di kalangan anak muda terus menggelora. Sehingga Indonesia menjadi negara yang damai, aman, makmur, dan sentosa," pungkas Mahfud MD.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.