Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Survei indEX: Approval Rating Tinggi, Jokowi Faktor Penentu Pilpres

Rabu, 8 November 2023 19:42 WIB
Survei indEX: Approval Rating Tinggi, Jokowi Faktor Penentu Pilpres

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi strategis Jokowi sebagai kepala negara dengan approval rating yang sangat tinggi memberi peluang besar bagi capres-cawapres yang didukungnya bakal menang dalam perhelatan Pilpres. Meskipun tetap netral, tetapi arah dukungan Istana bisa menggerakkan dukungan dari publik.

Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan 82,3 persen publik puas dipimpin Jokowi, di antaranya 12,3 persen merasa sangat puas. Hanya 16,0 persen menyatakan tidak puas, di antaranya 1,8 persen sangat tidak puas, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 1,7 persen.

Dengan tingginya tingkat kepuasan publik, Jokowi praktis menjadi figur menentukan dalam ajang Pilpres. Meskipun belum tentu capres yang didukung bakal menang mutlak, tetapi bisa mengancam capres yang diusung oleh partai berkuasa pemenang pemilu dua kali berturut-turut.

Baca juga : Prabowo-Gibran Unggul Di Putaran Pertama Dan Kedua Pilpres

“Tingginya approval rating menempatkan Jokowi sebagai figur penentu dalam ajang Pilpres mendatang,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Di sisi lain, realitas politik menunjukkan Jokowi telah menjelma sebagai tokoh yang setara dengan elite nasional lainnya. Bahkan dalam periode kepresidenannya, Jokowi telah membentuk dinasti politik yang mampu menyaingi dinasti-dinasti politik lainnya.

“Pada akhirnya pilihan publik di bilik suaralah yang akan menentukan, sekaligus menjadi hakim atas manuver elite-elite politik,” lanjut Vivin.

Baca juga : Survei LRP: Yusril Mencuat, Khofifah Laku Untuk Prabowo Dan Ganjar

Seperti ungkapan Jokowi, kepemimpinan nasional pada tiga periode mendatang akan sangat menentukan arah masa depan Indonesia.

Jika keberlanjutan menang dan semakin mendalam, jalan terbuka lempang bagi Indonesia untuk mencapai cita-cita menjadi negara maju.

“Pilpres 2024 menjadi momentum strategis bagi bangsa Indonesia melalui penentuan figur kepemimpinan nasional berikutnya,” pungkas Vivin.

Baca juga : Survei Kepuasan Pimpin PSSI Sangat Tinggi, Erick Makin Top

Survei Index Research dilakukan pada 26-31 Oktober 2023 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.