Dark/Light Mode

Survei JJI : Prabowo - Airlangga Pasangan Terkuat di Pilpres 2024

Rabu, 20 September 2023 15:01 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram airlanggahartarto_official)
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram airlanggahartarto_official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) melakukan survei terkait sosok Calon Presiden yang diinginkan masyarakat Indonesia pada Pilpres 2024 nanti.

Dalam survei ini, JJI membuat tiga simulasi. Simulasi pertama responden diberikan pertanyaan pasangan Capres-Cawapres mana yang akan dipilih jika Pilpres digelar hari ini.

"Maka hasilnya simulasi pasangan Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 47,8 persen, Disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dipilih sebanyak 21,9 persen, dan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir memiliki tingkat keterpilihan sebanyak 12,9 persen. Sedangkan yang tidak memilih sebanyak 9,6 persen," kata Koordinator JJI, Agusta Irawan, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/9).

Baca juga : Denny JA: Prabowo Korban Pertama Kabar Bohong Di Pilpres 2024

JJI juga melakukan simulasi dengan mekanisme acak. Pasangan Prabowo dan Ganjar diubah. Maka hasilnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dipilih 53,6 persen. Kemudian Prabowo Subianto-Erick Thohir 27,2 persen.

"Terakhir Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,2 persen," tambahnya.

Berikutnya simulasi terakhir dengan mengubah formasi tokoh Cawapres yaitu Airlangga Hartarto yang dipasangkan Prabowo Subianto.

Baca juga : Prabowo-Airlangga Makin Lengket

Maka, ketika diujikan kepada 2004 responden, hasilnya pasangan Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto unggul dengan tingkat keterpilihan sebesar 53,9 persen dibandingkan Prabowo-Erick.

"Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD turun tingkat elektabilitasnya menjadi 26,9 persen, sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tingkat keterpilihannya 19,2 persen," sebut dia.

Sementara dengan simulasi Prabowo-Airlangga, tingkat keterpilihannya 40,4 persen. Ganjar Pranowo-Khofifah Indar wangsa 32,7 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 17,4 persen.

Baca juga : Survei Voxpopuli: Prabowo Unggul, Ganjar Rebound, Anies Naik Tipis

Survei ini mengunakan jumlah responden 1425 warga negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki hak pilih di Pemilu 2024, dan sampel /responden ditentukan dengan metode multistage random sampling.

Adapun Margin of error kurang lebih 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.