Dark/Light Mode

Jaga Kelestarian Budaya

Relawan Dinasti Nusantara Adakan Silaturahmi Bersama Pemangku Adat Di Kediri

Rabu, 15 November 2023 09:47 WIB
Relawan Dinasti Nusantara menggelar silaturahmi bersama pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan di Kota Kediri, Jawa Timur. (Foto: Ist)
Relawan Dinasti Nusantara menggelar silaturahmi bersama pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan di Kota Kediri, Jawa Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinasti Nusantara kembali melanjutkan agenda silaturahminya bersama pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinasti Jawa Timur digelar di Hotel Merdeka, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (14/11/2023). Beragam hal diperbincangkan dalam pertemuan itu, misalnya bagaimana cara merawat eksistensi dari budaya-budaya Indonesia.

Ketua Yayasan Kebudayaan Lamongan sekaligus Trah Sunan Drajat generasi ke-14, Hidayat Ikhsan menegaskan pentingnya mempertahankan budaya dari leluhur bangsa.

“Kita berbicara tentang bagaimana ketahanan budaya ini dalam rangka untuk mempertahankan eksistensi republik ini,” ungkap Hidayat Ikhsan.

Menurut Hidayat Ikhsan, eksistensi untuk mempertahankan adat budaya Indonesia merupakan sesuatu yang fundamental bagi republik Indonesia.  

“Ini adalah hal yang paling fundamental, karena tanpa ketahanan budaya niscaya bangsa kita tercabik-cabik, karena budaya ini sudah ditandai dan munculnya eksistensi budaya ini dengan adanya simbol negara kita,” ujarnya.

Baca juga : Peran Negara Krusial Pastikan Pemerataan Distribusi Bahan Bakar Pesawat

Selain itu, Hidayat Ikhsan pun mengapresiasi lengkah Dinasti Nusantara yang menggelar silahturahmi dengan bersama pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan di wilayah Jawa Timur.

“Karena nusantara simbol perekatnya, bahkan Nusantara itu lahir sebelum republik ini ada jadi sudah merupakan simbol keberadaan negara ini, sehingga perlu dalam rangka adat nusantara dipersatukan,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Korwil Dinasti Jawa Timur KRNgt Kusuma Ningrum mengatakan, pertemuan tersebut sekaligus menjadi wadah dan diskusi antar tokoh dalam menyampaikan gagasan serta upayanya dalam memperkuat eksistensi adat budaya Indonesia.

“Itu adalah gimana cara kita mempertahankan budaya yang udah mulai luntur. Karena anak-anak kita udah mulai enggak ngerti dan enggak paham apa peninggalan leluhur kita,” ujar KRNgt Kusuma

Dalam acara silahturahmi, mereka yang hadir tampak kompak mengenakan pakaian adat Jawa sebagai simbol seni kebudayaan dan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia.
 
Dikatakan KRNgt Kusuma, kegiatan ini sekaligus menyerap aspirasi dari pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan, perihal pengembangan kebudayaan yang ada di Indonesia bagi generasi sekarang ini.

“Jadi dengan kegiatan dinasti nusantara ini, kita belajar kembali dan mengajarkan generasi sekarang,” tutur KRNgt Kusuma.

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Gelar Futsal Demi Cetak Generasi Muda Sehat Dan Tangguh

Menurut KRNgt Kusuma, untuk situasi sekarang ini diperlukan pemimpin yang peduli terhadap pelestarian budaya di Indonesia. Dia melihat untuk sekarang ini hanya Calon Presiden Ganjar Pranowo yang mampu melakukan hal tersebut.

Terlebih, rekam jejak Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode sangat peduli terhadap adat-kebudayaan nusantara agar tetap dikenal dan tidak penuh di tengah perkembangan zaman.

“Melihat selama ini tidak ada yang bisa diragukan dari seorang Pak Ganjar, bagaimana memang memberikan program-program lewat masyarakat adat dan budaya,” tegas KRNgt Kusuma.

Senada, Ketua DPW Dinasti Nusantara Kediri, Ki Soetarto mengatakan, Dinasti Nusantara membuka ruang berdiskusi bagaimana strategi untuk terus melestarikan budaya dari para leluhur bagi generasi sekarang ini.

“Harus kita lanjutkan, sehingga para leluhur kita tidak merasa berhenti perjuangannya. Akhirnya (bisa) diteruskan oleh anak cucunya sampai cita-citanya tercapai yakni adil dan makmur sejahtera rakyat Indonesia,” tegas Ki Soetarto.

Ki Soetarto pun sependapat dengan KRNgt Kusuma Ningrum yang di mana untuk sekarang hanya sosok Ganjar Pranowo peduli dan terus melestarikan budaya di Indonesia. 

Baca juga : Relawan Sintawati Bantu Ratusan Warga Dengan Kegiatan Tebus Murah Sembako

“Pak Ganjar waktu jadi Gubernur (mengajak) kami mengadakan pertemuan raja-raja nusantara dan para ketua suku dan tokoh-tokoh budaya,” tutur Soetarto.

Silaturahmi antara Dinasti Nusantara dengan bersama pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan se-Kediri, dihadiri oleh Sapto Darmo Kediri, Paguyuban Ratu Adil, Paguyuban Kediri Garuda Nusantara, Projo Ganjar, Dewan Kesenian & Kebudayaan Kabupaten Kediri, Penghayat Kepercayaan, hingga Keluarga Pamenang Kediri.

Selain itu, Penggagas dan penasihat Dinasti Nusantara, Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II turut hadir dalam silahturahmi antara Dinasti Nusantara dengan bersama pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.