Dark/Light Mode

Bantu Kemajuan UMKM

Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Fotografi Dan Videografi Di Lombok Timur

Minggu, 3 Desember 2023 14:05 WIB
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan fotografi dan videografi bersama masyarakat yang ada di Desa Songkak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Ist)
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan fotografi dan videografi bersama masyarakat yang ada di Desa Songkak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Srikandi Ganjar melanjutkan program bermanfaatnya kepada masyarakat di sejumlah daerah.

Kali ini mereka mengadakan pelatihan fotografi dan videografi bersama masyarakat yang ada di Desa Songkak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Korwil Srikandi Ganjar NTB Yuni Eka Fitri mengatakan kehadrab media sosial sangat berdampak besar terhadap pertumbuhan profit UMKM.

"Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum teredukasi akan pentingnya pemanfaatan media sosial terhadap usahanya," ujar dia dalam siaran persnya, Minggu (3/12/2023).

Baca juga : Ratusan Warga Sukoharjo Dukung Ganjar Pranowo Dan Mahfud MD Di Pilpres 2024

Melihat realita tersebut Srikandi Ganjar NTB mencoba menyelenggarakan kegiatan "Pelatihan Fotografi dan Videografi" di Desa Songak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur.

"Pelatihan itu bertujuan agar masyarakat dapat memahami cara membuat konten foto dan video yang menarik untuk dipublish di media sosial," ujar dia.

Yuni mengatakan mayoritas penduduk Indonesia memiliki media sosial, karena itulah peluang usaha di dalamnya cukup besar. 

Dia juga mengatakan tidak hanya anak muda yang perlu memiliki media sosial melainkan orang dewasa juga perlu belajar cara penggunannya.

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Sulap Lahan Kosong Jadi Lapangan Olahraga

Dalam pelatihan itu, pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berusaha memperkenalkan beberapa software yang akan digunakan dalam proses editing foto dan video. 

"Kemudian pemateri memberikan materi sekaligus mencontohkan bagaimana cara mengambil gambar yang baik. Selanjutnya masing-masing peserta mencoba mempraktekan materi yang telah dijelaskan," beber Yuni.

Kemudian pemateri menjelaskan beberapa kegunaan tools dalam aplikasi editing gambar di ponsel. Beberapa tools yang dijelaskan antara lain cara menambahkan teks, menambah kecerahan gambar, memotong gambar dan lain sebagainya.

"Selanjutnya pemateri menjelaskan cara mengoperasikan aplikasi editing video di smartphone. Beberapa teknik yang dijelaskan di antaranya cara memotong bagian video, menambahkan efek, menambahkan musik, dan lain sebagainya," kata dia.

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Gelar Turnamen Badminton Milenial-Gen Z Di Palembang

Para peserta pelatihan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan agar hasil foto dan video menjadi maksimal.

Di akhir kegiatan, Ketua Srikandi Ganjar NTB tidak lupa menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan bentuk kepedulian dan kepekaan Ganjar Pranowo terhadap kualitas para pemudi. 

"Semua yang hadir juga menyampaikan dukungannya untuk Bapak Ganjar menjadi presiden tahun 2024," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.