Dark/Light Mode

Squad PBI Gelar Hari Relawan Internasional Di Bogor 15-17 Desember 2023

Rabu, 6 Desember 2023 20:28 WIB
Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI) merayakan Hari Relawan Internasional atau International Voulenteer Day (IVD), tahun ini di Bubulak Tepi Sawah BTS, di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 15-17 Desember 2023.
Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI) merayakan Hari Relawan Internasional atau International Voulenteer Day (IVD), tahun ini di Bubulak Tepi Sawah BTS, di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 15-17 Desember 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam wadah Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI) merayakan hari relawan internasional atau International Voulenteer Day (IVD), tahun ini di Bubulak Tepi Sawah (BTS), di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 15-17 Desember 2023.

"Kami memilih Kota Bogor karena lokasinya yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta dan menjadi daerah penyangga paling rentan terhadap potensi bencana," ujar Ketua Squad PBI, Subur Rojinawi dalam keterangannya kepada RM.id Rabu (6/12/2023).

Subur mengamini, perayaan ini mundur dari gelaran IVD yang ditetapkan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) setiap tanggal 5 Desember. Meskipun mundur, Komandan Disaster Respon Human Initiative ini rutin menggelar acara di setiap tahunnya.

Baca juga : Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Di Banten Berlaku Sampai 23 Desember

"Tiga tahun berturut-turut kita selenggarakan berupa apel relawan di Cibubur. Tahun ini sesuai arahan BNPB konsepnya kita ubah menjadi lebih edukatif dan melibatkan peranserta masyarakat," ungkapnya.

Dirincikannya, kegiatan IVD 2023 kali ini menggelar berbagai kegiatan di antaranya pameran alutsista kebencanaan, voulenteer expo, workshop, seminar, lelang amal lukisan untuk Palestina, simulasi langsung maupun dengan teknologi Virtual Reality tentang kebencanaan, voulenteer camp dan ditutup dengan kegiatan donor darah.

Ketua Panitia Hari Relawan Internasional 2023, Lukman Azis Kurniawan mengungkapkan, acara ini dinisiasi 280 lembaga di naunggan Squad PBI.

Baca juga : Desak Israel-Hamas Hormati Hukum Internasional, Jaksa ICC Incar Kejahatan Perang

Di antaranya, Human Initiative, Rumah Zakat, DMC Dompet Dhuafa, Indonesia CARE, Bagi Indonesia, Asar Humanity, BAZNAS Bazis, BAZNAS RI, APPI, YBM PLN, AQL Peduli, BSI Maslahat, RHC, YM, dan Imani Care.

"Selain itu kegiatan ini juga didukung para relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Bogor dan FKP3D kota Bogor," sebut Lukman.

Sekretaris Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut. "Sebagai tuan rumah kegiatan ini, kami sangat mendukung. Seluruh stakeholder kota Bogor akan kita support maksimal kegiatan ini," ujar Syarifah.

Baca juga : Berikut Daftar Harga BBM Shell, Vivo Dan BP Per 1 Desember 2023

Pihaknya juga telah memerintahkan jajaran SKPD yang ada untuk mempersiapkan dan menerjunkan anggotanya menyuksesnya kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sekaligus membantu pemerintah kota mengedukasi masyarakat tentang kesiapsiagaan bencana dan menunjukkan kepada masyarakat kota kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi potensi bencana di kota Bogor," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.