Dark/Light Mode

Lagi! Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Melonguane, Sulut

Kamis, 7 Desember 2023 21:30 WIB
Ilustrasi titik gempa terkini di Sulut. (Foto: BMKG)
Ilustrasi titik gempa terkini di Sulut. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 5.0 kembali mengguncang Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Kamis (7/12) malam, pukul 21:10 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter terletak di koordinat 13.39 lintang utara dan 128.02 bujur timur. Sekitar 1054 kilometer di timur laut Melonguane.

Baca juga : Dany Kenang 3 Wasiat Dan Semboyan Terakhir Doni Monardo Sebelum Meninggal Dunia

Gempa ini terjadi pada kedalaman 50 kilometer di bawah permukaan laut. Meskipun gempa ini memiliki magnitudo yang cukup signifikan, dampaknya kemungkinan besar terbatas karena kedalamannya yang cukup dalam.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa dari pemerintah setempat akibat gempa ini. Tidak ada juga peringatan tsunami dari BMKG.

Baca juga : Gempa Terkini Kembali Guncang Melonguane, Sulawesi Utara, Ini Keterangan BMKG

Gempa ini adalah gempa susulan setelah gempa berkekuatan Magnitudo 7,5 pada Sabtu (2/12) lalu. Tercatat sudah puluhan kali rentetan gempa setelah itu dengan kekuatan yang variatif antara Magnitudo 3 sampai 7.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti, namun, upaya pencegahan dan persiapan dapat membantu mengurangi risiko dampak yang mungkin timbul. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.