Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 6,2 Guncang Manado, Ada Gempa Susulan

Kamis, 16 November 2023 07:41 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (16/11)
Ilustrasi pusat gempa di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (16/11)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini bermagnitudo 6.2 mengguncang wilayah Manado pada Rabu (16/11) pukul 06:26:17 WIB.

Menurut data yng dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pusat gempa terletak di laut, 90 km barat laut Manado, dengan kedalaman mencapai 294 km. 

Baca juga : Gempa Darat M4,0 Guncang Balangan Kalsel, Getaran Terasa Nyata Di Tabalong

Meskipun pusat gempa berada di laut, guncangan terasa hingga mencapai skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III di Kepulauan Sula, Taliabu, Tidore, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kotamobago.

Gempa ini menjadi sorotan karena kekuatannya yang cukup besar, menyebabkan getaran yang dirasakan di beberapa wilayah sekitarnya. 

Baca juga : Gempa Darat M3,9 Guncang Samosir, Sumatera Utara

Warga merasakan guncangan pada skala MMI II-III, dengan getaran lembut hingga sedang. Meskipun kekuatan gempa cukup tinggi, belum ada laporan kerusakan serius atau korban jiwa yang dilaporkan.

Namun, situasi berlanjut ketika BMKG merilis informasi tambahan mengenai gempa susulan yang terjadi tak lama setelah gempa utama. Gempa susulan ini memiliki magnitudo 3.5 dan terjadi pada pukul 07:13:20 WIB. Pusat gempa susulan berlokasi tidak jauh dengan pusat gempa utama, yaitu 35 km tenggara TUTUYAN-BOLTIM-SULUT, dengan kedalaman 27 km.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.