Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 2,8 Guncang Pidie Jaya, Aceh

Senin, 11 Desember 2023 07:11 WIB
Ilustrasi episenter gempa di Aceh. (Foto: BMKG)
Ilustrasi episenter gempa di Aceh. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa terkini dengan magnitudo 2,8 di wilayah Aceh

Gempa bumi pada Senin pagi (11/12) ini terjadi pada pukul 06:41 WIB dengan lokasi episenter pada koordinat 5.22 lintang utara dan 96.18 bujur timur.

Lokasi gempa diperkirakan berada sekitar 27 kilometer barat laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Guncangan gempa ini terjadi pada kedalaman 11 kilometer di bawah permukaan laut. 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 3,6 Guncang Sibolga, Sumatera Utara

Meskipun memiliki magnitudo yang relatif kecil, gempa ini tetap perlu jadi perhatian dan diwaspadai. Apalagi Aceh tercatat sering menjadi pusat gempa di Indonesia, sehingga selalu berada dalam pantauan intensif.

Belum ada laporan dari dampak gempa ini. Baik dalam bentuk korban jiwa maupun korban jiwa.

Gempa dengan magnitudo 2,8 memang cenderung memiliki potensi kerusakan yang terbatas, terutama jika jauh dari pusat perkotaan atau wilayah padat penduduk. 

Baca juga : Lagi! Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Melonguane, Sulut

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang kerap terjadi di wilayah Indonesia, yang berada di Cincin Api Pasifik. Wilayah ini sering mengalami aktivitas seismik yang cukup tinggi karena bertemu dengan lempeng tektonik yang bergerak. 

Oleh karena itu, kewaspadaan dan kesiapan masyarakat serta pihak berwenang lokal sangat penting dalam menghadapi potensi dampak gempa bumi.

Sistem peringatan dini gempa bumi harus menjadi bagian integral dari upaya pencegahan dan mitigasi risiko bencana di Indonesia. Warga di daerah sekitar episenter diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang setempat.

Baca juga : Gempa Terkini Kembali Guncang Melonguane, Sulawesi Utara, Ini Keterangan BMKG

Ketika menghadapi gempa bumi, kerjasama antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga terkait sangat diperlukan untuk meminimalkan risiko dan memastikan keselamatan bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.