Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Kembali Guncang Melonguane, Sulut

Selasa, 12 Desember 2023 07:01 WIB
Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Kembali Guncang Melonguane, Sulut

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini dengan magnitudo 5,0 mengguncang Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) pada pagi ini, Selasa (12/12), pukul 06:43 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa berada di koordinat 8.19 lintang utara dan 127.27 bujur timur, sekitar 470 kilometer timur laut Melonguane.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 2,8 Guncang Pidie Jaya, Aceh

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa ini.

Gempa ini adalah gempa susulan setelah gempa besar dengan magnitudo 7,5 pada Sabtu (2/12) lalu. Setelah gempa tersebut, tercatat sudah puluhan gempa dengan kekuatan bervariasi antara magnitudo 3 sampai 7.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 3,6 Guncang Sibolga, Sumatera Utara

Gempa bumi adalah peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi secara pasti, namun upaya monitoring dan penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap gempa. 

Gempa dengan magnitudo 5.0 termasuk kategori gempa ringan, yang umumnya tidak menimbulkan kerusakan signifikan, tetapi tetap dapat dirasakan oleh sebagian besar penduduk di wilayah episenter.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.