Dark/Light Mode

Gempa Terkini Guncang Sabang, Aceh, BMKG: Magnitudo 5,1, Ini Titik Koordinatnya

Selasa, 5 Desember 2023 22:05 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Sabang, Aceh, Rabu (7/12). (Foto:  BMKG)
Ilustrasi pusat gempa di Sabang, Aceh, Rabu (7/12). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini berkekuatan Magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Barat Laut Kota Sabang, Aceh, Selasa (5/12) malam WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa berada pada koordinat 9.71 lintang utara dan 93.41 bujur timur, dengan kedalaman 71 km.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 6.0 Guncang Tanatidung, Kaltara, Ini Laporan BMKG

Gempa diperkirakan terjadi sekira pukul 21:45 WIB. Guncangan gempa terjadi sejauh 474 km Barat Laut dari pusat Kota Sabang.

Meskipun kekuatan gempa ini tergolong sedang, kedalamannya yang signifikan mencapai 71 km dapat mempengaruhi dampak yang dirasakan di permukaan bumi.

Baca juga : Gempa Terkini Kembali Guncang Melonguane Sulut, BMKG: Kekuatan Magnitudo 5,3

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi mengenai kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. 

Pusat gempa ini berada di lepas pantai Aceh, yang merupakan daerah rawan gempa. Peningkatan kewaspadaan dan persiapan darurat diharapkan dapat membantu mengurangi potensi risiko.

Baca juga : Lagi! Gempa Terkini Guncang Sulut, Kali Ini Berkekuatan M 7,4, Potensi Tsunami?

Sebab, gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti, sehingga kewaspadaan dan persiapan masyarakat sangat penting.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.