Dark/Light Mode

PSSI Terus Genjot Kemampuan Pelatih Di Indonesia

Jumat, 8 Desember 2023 04:49 WIB
Kursus kepelatihan di Indonesia. (Foto : Ist)
Kursus kepelatihan di Indonesia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI terus menggenjot program kepelatihan. Lewat, program kursus kepelatihan AFC Pro Diploma Modul ke-6 , PSSI akan meningkatkan kemampuan pelatih di Indonesia.

Kursus kepelatihan digelar di ASIOP Training Ground Sentul, Kabupaten Bogor tersebut dimulai sejak Senin (4/12) hingga Selasa (12/12) mendatang.

Pada modul ke-6, peserta difokuskan untuk melaksanakan ujian praktek, ujian analisa pertandingan, ujian tesis, serta ujian teori dan diikuti oleh 23 peserta.

Baca juga : Ekonomi Syariah Harus Menjadi Pilar Penting Ekonomi Indonesia Menuju 2045

Salah satu pelatih yang mengikuti yakni Ricky Nelson mengatakan bahwa modul keenam ini merupakan modul yang yang wajib diikuti para peserta. 

"Kita terus diasah, terus dipertajam ilmu kita, dan banyak hal yang kita dapat. Dengan adanya instruktur dari AFC, dia mempertajam lagi secara detail apa yang harus kita buat, apa yang harus kita putuskan dalam situasi apapun seperti pertandingan dan lain-lain," kata Ricky Nelson. 

Sementara itu, Intruktur AFC Pro Diploma yakni Mohamed Basir mengatakan bahwa para pelatih di Indonesia mempunyai potensi dan kemampuan yang baik. 

Baca juga : Komitmen Mahfud Dipercaya Mampu Kembalikan Marwah Hukum di Indonesia

"Modul keenam ini merupakan sambungan blok-bloknya sebelumnya. Pelatih akan melaksanakan pelatihan dengan taktik game plan, analisa, perubahan permainan dan lain-lain. Saya merasa senang, banyak perubahan dalam kemampuan pelatih. Potensi pelatih Indonesia saya lihat bagus-bagus, apalagi di era sepak bola modern pelatih tidak hanya sebagai pelatih teknik saja tapi sebagai pimpinan sebuah tim seperti layaknya manajer," kata Mohamed Basir. 

Sebelumnya, modul 1 dibawakan secara online, dari tanggal 28 November hingga 3 Desember 2022. Kemudian modul 2 berlangsung di Tangerang dari tanggal 9 - 18 Desember 2022.

Lalu modul 3 dari tanggal 9 Januari 2023 - 19 Januari 2023 di Jakarta, lalu modul 4 berlangsung dari 17-27 Maret 2023 di Turki, dan Modul 5 berlangsung dari tanggal 19-27 Mei 2023 di Jakarta.

Baca juga : Begini, Jurus Nadiem Dongkrak Peringkat PISA Indonesia

Modul ini pertemuan terakhir bagi para peserta, karena pada modul ke-7 nanti peserta akan dinilai secara langsung waktu menangani klub masing-masing. Penilaian rencana akan dilakukan pada 3-14 Januari 2024. 

Rencana pada tanggal 18-22 Desember nanti PSSI dipercaya FIFA utk melaksanakan FIFA/AFC Regional Coaching Development Pathway Course yang ditujukan untuk instruktur kepelatihan tidak hanya bagi Indonesia akan tetapi dari Malaysia, Myanmar, dan Vietnam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.