Dark/Light Mode

Esa Unggul Sukses Gelar Konferensi Internasional MIMSE di Mandalika

Kamis, 30 November 2023 14:59 WIB
International Multiconference on Science and Engineering (MIMSE) yang digelar Universitas Esa Unggul, di Mandalika, Lombok, NTB, 28-30 November 2023. (Foto: Dok. Esa Unggul)
International Multiconference on Science and Engineering (MIMSE) yang digelar Universitas Esa Unggul, di Mandalika, Lombok, NTB, 28-30 November 2023. (Foto: Dok. Esa Unggul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Esa Unggul sukses menyelenggarakan International Multiconference on Science and Engineering (MIMSE) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 28 hingga 30 November 2023. Acara ini merupakan konferensi internasional ketiga yang diadakan Universitas Esa Unggul.

Hadir secara langsung memberikan sambutan dalam acara ini antara lain Wakil Rektor Universitas Esa Unggul Riset, Pengembangan, dan Inovasi Rian Adi Pamungkas, Wakil Rektor Universitas Negeri Mataram (UNRAM) Prof Akmaluddin, Kepala Biro Organisasi Setda NTB Yusron Hadi. Lalu, serta hadir secara online memberikan sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Pembicara mancanegara yang hadir langsung di Mandalika antara lain Hojjat Baghban, Princy Pappachan, Prof Brij B Gupta, dan Maria Michaela Q Jamora. Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso hadir juga sebagai keynote speaker ini.

Baca juga : Pakar Hukum Perdagangan Internasional Beberkan Potensi Nikel Indonesia

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Universitas Esa Unggul Rian Adi Pamungkas mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia serta cohost UNRAM yang telah bekerja keras sehingga konferensi internasional ini dapat berlangsung dengan lancar. Kata dia, konferensi ini sesuai dengan visi dan misi Universitas Esa Unggul menuju World Class University.

“Melalui inisiatif ini, Universitas Esa Unggul secara aktif berkontribusi terhadap tujuannya menjadi universitas kelas dunia dan menjadi tuan rumah konferensi internasional,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (30/11).

Menurut Ketua MIMSE 2023 Agung Mulyo Widodo, konferensi ini dilakukan untuk menyebarluaskan karya tulis dan artikel hasil penelitian dosen dan peneliti, yang akan di-review oleh reviewer berkualifikasi di Scopus dan WoS.

Baca juga : Kerek Jumlah Turis, Garuda Gelar Travel Fair International Serentak Di 3 Negara

Dia menerangkan, MIMSE 2 yang diadakan di Mandalika banyak dihadiri peneliti dari mancanegara seperti dari India, Iran, Arab Saudi, Prancis, Taiwan, Filipina, dan berbagai universitas di Indonesia. Acara ini diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Fakultas Teknik UNRAM.

Konferensi ini mencakup berbagai bidang antara lain Ilmu Komputer, Ilmu Teknik, Ekonomi, Hukum, Sosial, dan Ilmu Humaniora, Teknologi dan Pendidikan Bahasa, dan Ilmu Kesehatan. Tujuan MIMSE 2023 adalah untuk menyediakan platform untuk mengembangkan dan berbagi strategi yang efektif, tren terkini, pendekatan inovatif, diskusi, dan presentasi mengenai tantangan untuk beradaptasi dan meningkatkan ketahanan terhadap bahaya alam dan krisis energi pada skala lokal dan global.

“Konferensi ini juga bertujuan untuk mempromosikan penelitian dengan berbagi ide-ide inovatif di antara semua tingkat komunitas ilmiah dan memfasilitasi dialog internasional antara peneliti, praktisi, insinyur, pemerintah, dan institusi mengenai teknologi terkini yang berkaitan dengan teknik, ucapnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Kemah dan Konferensi Bahasa Arab Internasional ITHLA

Konferensi MIMSE 2 ditutup dengan gala dinner dan penyerahan Best Presenter di Hotel Raja Kuta Mandalika dan workshop di UNRAM.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.