Dark/Light Mode

BRIN: Legitimasi Ganjar Paling Kuat Sebagai Penerus Jokowi

Sabtu, 30 Desember 2023 11:28 WIB
Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN Prof. Lili Romli. Foto: Istimewa
Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN Prof. Lili Romli. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Lili Romli mengatakan, Capres nomor urut satu Ganjar Pranowo figur yang paling bisa melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena sesama kader dan lahir dari rahim Banteng.

"Jika kita melihat garis ideologi yang sama, Capres Ganjar yang bisa melanjutkan legacy Jokowi. Ini karena program-program Jokowi sebelumnya lahir dari visi misi PDIP. Maka Ganjar sebagai Capresnya PDIP, tentu sudah sudah tidak heren dengan apa yang sudah dilakukan Jokowi," kata Prof. Lili, Jumat (29/12/2023).

Meski hubungan Presiden Jokowi dengan PDIP tidak lagi mesra, tapi tidak bisa dipungkiri begitu besar ideologi PDIP mempengaruhi gaya kepemimpinan mantan Wali Kota Solo itu.

Baca juga : Berantas Kemiskinan, Ganjar Launching SMK Gratis Buat Keluarga Miskin

"Saya kira memang antara Jokowi dan PDIP ada ideologi benang merah, sama-sama berorientasi pada rakyat kecil atau populis," sebut Prof Lili.

Makanya, publik heran saat Jokowi memberikan dukungan ke Capres Prabowo Subianto. Bahkan, mengawinkan Prabowo dengan putra sulungnya, Gibran Rakabuming sebagai Cawapres.

"Ini perubahan arah ideologis yang mengagetkan," ungkap Prof. Lili.

Baca juga : Bali United Jajaki 2 Laga Uji Coba Sebelum Liga 1 Bergulir

Berpalingnya Jokowi dari PDIP, diikuti juga dengan elit politik lain.

"Sebenarnya hal yang sama juga terjadi dengan elite-elite politik lain, seperti Budiman Sudjatmiko dan elit-elit PSI," tandas Prof. Lili.

Salah satu program Presiden Jokowi yang akan dilanjutkan Ganjar adalah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ganjar berkomitmen jika terpilih menjadi Presiden, maka salah satu tugas yang harus dilakukan adalah meneruskan pembangunan IKN yang sudah dirintis para pendahulunya.

Baca juga : Ganjar Pranowo Bakal Jadikan Jawa Tengah Pusat Tembakau Di Indonesia

"Dari presiden ke Presiden (IKN Nusantara) belum berhasil dan sekarang sudah dimulai, maka tugas kita adalah melanjutkan dan kita siapkan betul dengan baik, agar ini bisa berjalan sesuai dengan rencana," sebut Ganjar beberapa waktu lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.