Dark/Light Mode

Live TikTok Dan Instagram

Mahfud Sebut Bung Hatta Bukan Wapres Ban Serep

Rabu, 3 Januari 2024 12:32 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD saat live TikTok dan Instagram. Foto: Istimewa
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD saat live TikTok dan Instagram. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD, kembali berinteraksi dengan masyarakat melalui Live TikTok dan Instagram.

Kali ini, Mahfud memanfaatkan platform itu untuk mengenalkan sosok Bung Hatta yang sangat anti korupsi.

Mahfud merasa, penting mengenang kembali sekarang untuk memanggil semangat kepemimpinannya yang sangat anti korupsi dari Bung Hatta. Bahkan, Bung Hatta tidak mampu membeli sepatu Bally yang diinginkan walau sudah menabung.

"Bung Hatta ketika jadi Wakil Presiden ingin membeli sepatu Bally, dia mengambil gambar sepatu Bally di koran, dia letakkan di mejanya suatu saat saya akan membeli sepatu mahal ini, dia menyimpan uang dari gajinya setiap bulan menyimpan, tapi sampai wafat beliau tidak mampu membeli sepatu Bally itu," kata Mahfud yang saat berziarah didampingi ketiga puteri Bung Hatta yakni Meutia, Gemala, dan Halida Hatta pada Selasa (2/1/2024).

Suatu saat, Mahfud menyampaikan, Bung Hatta tahu akan ada devaluasi rupiah atau perubahan kurs rupiah dengan dollar. Jadi, begitu diumumkan nilai rupiah yang tadinya seribu menjadi satu.

Baca juga : Live TikTok Dan Instagram, Mahfud MD Cerita Sosok Bung Hatta Yang Anti Korupsi Ke Gen Z

Mahfud menekankan, kalau mau tentu Bung Hatta bisa korupsi. Sebelum diumumkan jam 12 malam, Hatta bisa menukar uang yang miliki ke dollar atau membeli barang-barang bagus.

Tapi, Hatta menyimpan uang itu sampai jam 00.00 dan diumumkan, sehingga uang yang tadinya Rp 1.000 hanya menjadi Rp 1.

"Bung Hatta tidak. Itu yang dilakukan, sehingga beliau tidak mampu membeli sepatu, membelikan baju untuk istrinya yang Ibu Wapres, Ibu Rachmi Hatta. Itu yang kita kenal dari Bung Hatta," ujar Mahfud.

Bersama Bung Karno, ia menerangkan, Bung Hatta merupakan tokoh pendiri Indonesia. Sebab, mereka menandatangani Proklamasi 17 Agustus 1945 dan mengatasnamakan bangsa Indonesia yang disetujui Founding Father lainnya.

"Saudara, ada banyak, Bung Karno sudah sering saya ceritakan, mari sekarang, khususnya bagi Gen Z dan Milenial, ini penting karena Anda akan jadi pewaris," kata Mahfud.

Baca juga : Mahfud Teladani Bung Hatta Dan Konsep Dwi Tunggal

Mahfud menyampaikan, saat itu Bung Karno memang terus mempelopori perjuangan di dalam negeri. Tapi, Bung Hatta yang sekolah di Belanda terus menghimpun mahasiswa dan pelajar untuk meneriakkan perjuangan.

Begitu pulang, Bung Hatta terus melanjutkan perjuangan sampai pernah di penjara, dan pada akhirnya menjadi proklamator bersama Bung Karno.

Soal sosoknya, Mahfud menilai, Bung Hatta merupakan pemimpin yang visioner.

"Bung Hatta sosok pemimpin yang visioner, dia memandang Indonesia ke depan itu seperti apa, yaitu Indonesia yang demokratis, berkeadaban, adil dan makmur," ujar Mahfud.

Ia menuturkan, saat Bung Karno dan Bung Hatta memimpin, keduanya sangat erat, bersatu, membangun bangsa ini dengan penuh persaudaraan. Suasana itu yang memunculkan istilah Dwi Tunggal dan dilekatkan kepada keduanya.

Baca juga : GenZ Di TikTok Beri Semangat Mahfud Berantas Korupsi

"Tidak berfungsi sebagai apa yang sekarang dikhawatirkan banyak orang, Wakil Presiden hanya ban serep, tidak. Bung Hatta bukan ban serep, tapi berbagi peran dengan sangat baik, sehingga disebut kepemimpinan Dwi Tunggal," kata Mahfud.

Pada kesempatan itu, Mahfud sempat pula menjawab pertanyaan-pertanyaan dari warganet yang menonton. Salah satunya apakah Bung Hatta sedih jika melihat Indonesia hari ini. Bagi Mahfud, tergantung apa yang dilihatnya.

"Kalau Bung Hatta melihat Indonesia sekarang sudah begitu maju secara ekonomi, dalam arti kita sudah bisa hidup layak, sebagian besarnya, itu berarti tujuan dari kemerdekaan sebagiannya sudah tercapai," ujar Mahfud.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.