Dark/Light Mode

Pagi Ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Letusan 700 M

Kamis, 11 Januari 2024 08:04 WIB
Pagi Ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Letusan 700 M

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan mengalami erupsi pada Kamis (11/1/2024) pukul 06.25 WITA.

Tinggi kolom letusan teramati ± 700 m di atas puncak (± 2.284 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal ke arah utara.

Terkait hal ini, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan, agar tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan sektoral 5 km ke arah barat laut-utara.

Baca juga : Berstatus Level IV, Gunung Lewotobi Laki-Laki Di NTT Erupsi Lagi

Masyarakat diminta tenang dan mengikuti arahan Pemda, serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. 

Jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat diimbau tetap berada di dalam rumah. Apabila berada di luar rumah, disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

"Potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi juga harus diwaspadai. Terutama, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," demikian pernyataan PVMBG melalui laman resminya, Kamis (11/1/2024).

Baca juga : Gunung Ibu Di Halmahera Erupsi, Tinggi Kolom Letusan 1.000 Meter

Pemda senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur NTT atau PVMBG Badan Geologi di Bandung.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BPBD NTT dan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) setempat dalam memberikan informasi tentang kegiatan Gunung Lewotobi Laki-laki.

Untuk informasi lebih jelas, dapat mengubungi Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki atau mengubungi PVMBG Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada nomor telepon 022-7272606.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.