Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Dan Finlandia Inovasi Energi Bersih, Komit Dukung Net Zero Emission

Rabu, 31 Januari 2024 21:58 WIB
Menteri ESDM, Arifin Tasrif di acara Indonesia-Finland Smart Energy Working Group Day yang digelar di Ruang Sarulla, Kementerian ESDM, Selasa (30/1). (Foto: ESDM)
Menteri ESDM, Arifin Tasrif di acara Indonesia-Finland Smart Energy Working Group Day yang digelar di Ruang Sarulla, Kementerian ESDM, Selasa (30/1). (Foto: ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia bersama Finlandia terus berkolaborasi melakukan inovasi energi bersih. Tujuannya untuk mendukung target Net Zero Emission (NZE).

Keseriusan kedua negara itu juga ditunjukkan dalam acara Indonesia-Finland Smart Energy Working Group Day yang digelar di Ruang Sarulla, Kementerian ESDM, Selasa (30/1). Bahkan sejumlah tokoh penting dari Finlandia bela-belain datang ke Indonesia untuk mendukung agenda penting ini.

Mereka yang hadir antara lain Menteri Kerjasama Ekonomi Finlandia, Mr. Wille-Werner Rydman, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Mr. Pekka Kaihilahti, CEO Bisnis Finlandia, Mrs. Nina Kopola, dan beberapa delegasi Finlandia lainnya.

Baca juga : Ribuan Advokat Indonesia Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Kegiatan Working Group ini dibagi kedalam 2 sesi diskusi panel. Sesi panel pertama mengusung tema terkait Energy Transition and Carbon Neutral dan menghadirkan perwakilan beberapa perusahaan energi asal Finlandia seperti Wartsilla, Virta Global, dan Kempower sebagai panelis.

Sementara untuk sesi panel kedua mengusung tema terkait Green Building dan menghadirkan perwakilan perusahaan Finland seperti Peikko, Molok, Helvar dan Nokia yang akan membahas terkait bangunan, sarana dan prasarana, serta terkait waste managements

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, selaku tuan rumah menyambut positif kehadiran delegasi dari Finlandia di acara tersebut. Ia berharap kolaborasi dengan Finlandia terutama di sektor energi bisa diperluas lagi.

Baca juga : 85 Program Desa Energi Pertamina Sukses Turunkan 729 Ribu Ton Emisi Karbon

"Saya harap kita dapat memperluas hubungan ini menjadi kolaborasi yang lebih luas, terutama pada sektor energi," kata Arifin, Selasa (30/1).

Menurutnya, keahlian dan teknologi canggih Finlandia di sektor energi bersih serta efisiensi energi dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada jalur NZE Indonesia dan mewujudkan tujuan bersama untuk memajukan mitigasi iklim global.

"Kami menyadari bahwa Finlandia sebagai negara yang kaya, sumber pengetahuan dan teknologi, sementara Indonesia kaya akan populasi dan sumber daya alam. Kombinasi semacam ini dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Finlandia," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.