Dark/Light Mode

Pagi Ini, Gunung Marapi Di Sumatera Barat Erupsi 2 Kali

Rabu, 14 Februari 2024 08:11 WIB
Ilustrasi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Foto: PVMBG)
Ilustrasi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Foto: PVMBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Marapi yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dilaporkan mengalami erupsi sebanyak dua kali, pada Rabu (24/2/2024) pagi ini.

Erupsi pertama, terjadi pada pukul 04.19 WIB. Tinggi kolom erupsi tidak teramati, dengan amplitudo maksimum 5,8 mm dan durasi 28 detik.

Erupsi kedua, terjadi pada pukul 05:47 WIB. Tinggi kolom erupsi, juga tidak teramati. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 7.5 mm dan durasi 54 detik.

Baca juga : Solskjaer Masih Percaya Erik ten Hag

Terkait hal ini, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi, serta pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi, diingatkan untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi, terutama di saat musim hujan.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Serta mengamankan sarana air bersih, dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal, agar tidak roboh.

Baca juga : Gunung Semeru Erupsi, Hindari Radius 5 Km Dari Puncak

Seluruh pihak juga diminta menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah Kota Bukit Tinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam diwanti-wanti untuk senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Marapi di Jl. Prof. Hazairin No.168 Bukit Tinggi untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas gunung api paling aktif di Sumatera Barat.

Masyarakat, instansi pemerintah, maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Marapi melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau https://magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (facebook, twitter, dan instagram).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.