Dark/Light Mode

Pj Gubernur Sumsel Lantik Penjabat Bupati OKI

Kamis, 18 Januari 2024 13:35 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni secara resmi melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Asmar Wijaya sebagai Pj Bupati OKI pasca selesainya masa jabatan Dja’far Shodiq.

Pelantikan dilakukan di Griya Agung Palembang, Sumsel pada Senin (15/1/2024) lalu.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100.2.1.3-70 Tahun 2024 tentang pengangkatan penjabat Bupati Kabupaten OKI.

Fatoni berharap, Asmar Wijaya mampu menjalankan amanah jabatan tersebut dengan penuh dedikasi.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Segera Tinjau Titik Banjir di Kabupaten Muratara

"Kami mendoakan agar Bupati OKI diberikan kelancaran, kekuatan, kesuksesan serta diberikan petunjuk, bimbingan dan lindungan oleh Allah dalam mengemban tugas," kata Fatoni dalam keterangan resminya, Kamis (18/1/2024).

Fatoni mengatakan, Kabupaten OKI merupakan salah satu yang strategis di Sumsel. Selain wilayahnya luas, Kabupaten OKI juga memiliki potensi sangat besar.

Untuk itu, dia berharap Pj Bupati yang baru dilantik dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dan mengoptimalkan potensi strategis kekayaan yang ada di Kabupaten OKI.

"Pj Bupati diangkat untuk maksimal 1 tahun, tapi bisa diberhentikan kapan saja, karena dievaluasi setiap 3 bulan. Saya berharap Bupati OKI harus bisa memastikan pemerintahan bisa berjalan baik," jelasnya.

Baca juga : Pengurusnya Jadi Tim Sukses, PBNU Banyak Keluarkan Surat Cuti

Menurut Fatoni, luasnya wilayah Kabupaten OKI juga terdapat potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terlebih lahan gambut yang ada di wilayah ini rawan kebakaran.

Bahkan, akhir tahun 2023 lalu di Kabupaten OKI terdapat titik api terbanyak di Sumsel.

Fatoni mengakui, keberhasilan penanganan kebakaran hutan dan lahan ditandai dengan dua hal.

Pertama, titik apinya berkurang dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini menjadi bukti Pemprov, Pemkab, Forkopimda semua serta masyarakat berhasil melakukan pencegahan.

Baca juga : KPK Gelar OTT Di Labuhanbatu, Jaring Pejabat Saat Transaksi Suap

Kedua, pemadaman api yang sudah terjadi dilakukan secara cepat dan bersama-sama, penyiapan sarana dan prasarana, memberikan bantuan sosial dan juga upaya-upaya lain strategis yang bisa dilakukan.

"Alhamdulillah kita berhasil menangani dengan baik dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan keberhasilan penanganan karhutla Sumsel di Dubai," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.