Dark/Light Mode

Profil Hadi Tjahjanto, Sosok Yang Dikabarkan Dilantik Jadi Menko Polhukam Besok

Selasa, 20 Februari 2024 21:14 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Hadi Tjahjanto banyak dibicarakan hari ini. Meskipun sudah cukup lama berkecimpung di pemerintahan, masih banyak yang ingin tahu lebih dalam profil Hadi Tjahjanto. Siapa Hadi Tjahjanto?

Hadi adalah purnawirawan TNI-Angkatan Udara. Saat aktif di militer, karirnya cukup moncer. Hingga didapuk sebagai Panglima TNI oleh presiden Jokowi periode 2017-2021. Ia adalah Panglima TNI kedua dari matra Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto.

Baca juga : Hadi Tjahjanto Mau Diangkat Jadi Menko Polhukam, Mahfud: Boleh Juga

Sebelum menduduki posisi puncak militer itu, Marsekal Hadi juga sempat memimpin matra TNI-AU. Ia sempat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara atau KSAU sekira satu tahun. Dari 18 Januari 2017 – 17 Januari 2018.

Ia juga pernah dipercaya sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan (2016-2017) setelah menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden (2015-2016).

Baca juga : Hadi Tjahjanto Dikabarkan Jadi Menko Polhukam, Mahfud MD: Dia Orang Baik

Jauh sebelum menempati sejumlah jabatan strategis itu, karir jebolan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987 itu dimulai sebagai perwira penerbang di Skadron 04 Lanud Abdurahman Saleh. 

Selanjutnya, suami dari Nanik Istumawati ini menduduki berbagai jabatan penting seperti Kepala Departemen Operasi Sekolah, Danlanud Adi Soemarmo, Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional, Kadispenau dan Danlanud Abdurahman Saleh.

Baca juga : Hadi Tjahjanto Dikabarkan Jadi Menko Polhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

Setelah menghabiskan semua jenjang karir militer, Presiden Jokowi kemudian memilih Hadi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) menggantikan Sofyan Djalil sejak 15 Juni 2022.

Kini, Hadi disebut-sebut masuk dalam daftar nama menteri yang akan dilantik oleh presiden Jokowi besok, Rabu (21/2) sekitar jam 10.00 WIB. Ia kabarnya akan menggantikan posisi Mahfud Md sebagai Menko Polhukam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.