Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kabupaten Bogor Operasikan Bus Listrik Tahun Ini

Sabtu, 24 Februari 2024 17:40 WIB
Kepala Dishub Kabupaten Bogor Agus Ridhallah. (Foto: Antara)
Kepala Dishub Kabupaten Bogor Agus Ridhallah. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) pada tahun ini segera mengoperasikan dua unit bus listrik bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Insha Allah tahun 2024 (beroperasi), kemungkinan dua unit," ungkap Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Bogor Sapari di Cibinong, Bogor, seperti dikutip Antara, Sabtu (24/2/2024).

Menurut dia, saat ini Dishub Kabupaten Bogor sedang melakukan kajian mengenai sarana hingga utilitas pendukung untuk operasional bus listrik di rute Sirkuit Sentul-Pakansari-Bojonggede.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor Selasa 20 Februari, Hadir di Mall Cileungsi

"Itu bantuan dari Pemprov Jabar, sekarang masih dikaji mengenai sarana dan utilitasnya," kata Sapari.

Sementara, Kepala Dishub Kabupaten Bogor Agus Ridhallah mengungkapkan, awalnya ia mengajukan bantuan sebanyak sembilan unit bus listrik untuk digunakan sebagai layanan Bus Rapid Transit (BRT) di Kabupaten Bogor.

Menurut Agus, upaya pendirian koridor bus listrik tersebut adalah untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Kabupaten Bogor dan membiasakan masyarakat beralih ke angkutan massal.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 19 Februari, Hadir di Pospol Gadog

"Ini untuk angkutan massal sebagai upaya mengurai kemacetan dan efisiensi warga karena itu mobil listrik. Selain mengurai macet juga meminimalisir biaya transportasi," ujar Agus.

Semula, bantuan bus listrik tersebut akan direalisasikan pada tahun 2023 melalui APBD Perubahan Pemprov Jawa Barat. Namun, bantuan tersebut urung dilakukan.

Agus juga mengaku belum mengetahui pasti berapa anggaran yang digelontorkan Pemprov Jawa Barat jika pengajuan tersebut direalisasikan. "Mudah-mudahan tahun ini ya rencana tersebut bisa direalisasikan," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.