Dark/Light Mode

Gempa Tektonik M2,9 Guncang Kabupaten Garut, Pemicu Aktivitas Sesar Lokal

Minggu, 3 Maret 2024 09:50 WIB
Gempa Tektonik M2,9 Guncang Kabupaten Garut, Pemicu Aktivitas Sesar Lokal

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (3/3/2024) pukul 09.16.57 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa ini bermagnitudo 2,9.

Episenter terletak pada koordinat 7.24 LS dan 107.69 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah baratdaya Kabupaten Garut, Jawa Barat pada kedalaman 5 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa

Baca juga : Gempa M4,9 Guncang Kabupaten Sukabumi, Episenter Di Laut Kedalaman 28 Km

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Dampak Gempa

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Pasirwangi, Kabupaten Garut dan Kertasari, Kabupaten Bandung dengan skala intensitas III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Dalam skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Gempabumi Susulan

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 2 Maret, Hadir di 2 Lokasi

Hingga pukul 09:38 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Rekomendasi

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (https://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau https:// www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id.), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.