Dark/Light Mode

Gempa M 4,5 Guncang Sukabumi, Terasa Hingga Cianjur

Kamis, 8 Februari 2024 08:31 WIB
Analisa gempa BMKG (Foto: BMKG)
Analisa gempa BMKG (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya, pada Kamis (8/2/2024) pukul 01.31 WIB. Hasil analisa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa terletak di laut pada jarak 80 kilometer barat daya Kota Sukabumi pada kedalaman 29 kilometer. 

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut. 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 4,1 Guncang Nias Barat, Sumatra Utara, Selasa Pagi

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan Skala Intensitas II MMI.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut," kata Hertanto. 

Baca juga : Gempa M5,6 Guncang Kuta Selatan Bali, Getaran Terasa Hingga Mataram

Hingga pukul 01.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Hertanto meminta masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.