Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 4,1 Guncang Nias Barat, Sumatra Utara, Selasa Pagi

Selasa, 30 Januari 2024 08:24 WIB
Pusat gempa di Nias Barat, Sumatera Utara, tadi pagi, Selasa (30/1). (Foto: BMKG)
Pusat gempa di Nias Barat, Sumatera Utara, tadi pagi, Selasa (30/1). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini dengan magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatra Utara pukul 07:13 WIB, Selasa (30/1).

Pusat gempa terdeteksi berada pada koordinat 0.26 lintang utara dan 96.96 bujur timur, atau sekitar 96 kilometer barat daya Nias Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa gempa ini memiliki kedalaman 15 kilometer di bawah permukaan laut. 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Papua, BMKG Beberapa Kali Revisi Kekuatannya

Meskipun magnitudo 4,1 dianggap sebagai gempa ringan, getaran yang dihasilkan dimungkinkan dapat dirasakan di sekitar episenter karena tingkat kedalaman gempa yang dangkal.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut. BMKG terus memantau situasi dan memberikan informasi terkini.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang umum terjadi di wilayah Indonesia, yang terletak di Cincin Api Pasifik. Wilayah ini dikenal sebagai salah satu daerah dengan aktivitas seismik tinggi, sehingga pemantauan gempa dan mitigasi risiko bencana menjadi sangat penting.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Ternate, Apakah Berpotensi Tsunami?

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap potensi gempa susulan. Disarankan agar selalu mengikuti informasi terkini dan petunjuk resmi dari pihak berwenang untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga.

Langkah-langkah pencegahan dan mitigasi risiko bencana perlu ditingkatkan guna mengurangi dampak yang mungkin timbul akibat gempa bumi di masa mendatang.

Perlu diingat bahwa gempa bumi dapat terjadi kapan saja, sehingga kewaspadaan dan persiapan masyarakat sangat penting untuk menghadapi potensi risiko bencana alam tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.