Dark/Light Mode

Terbang Ke Melbourne, Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Australia

Senin, 4 Maret 2024 11:46 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Halim Perdanakusuma Jakarta, sebelum bertolak ke Melbourne, Australia, Senin (4/3/2024). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Halim Perdanakusuma Jakarta, sebelum bertolak ke Melbourne, Australia, Senin (4/3/2024). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terbang dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma menuju Melbourne, Australia, Senin (04/03/2024) pagi. Keberangkatan Jokowi ke Australia kali ini untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia dalam rangka peringatan 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia.

Dalam KTT tersebut, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Perdana Menteri mulai dari Selandia Baru hingga Kamboja. 

Baca juga : Nunggu Bandara dan Tol Selesai Dibangun, Jokowi Ngantor Di IKN Mulai Juli

“Tema yang diangkat adalah Partnership for the Future membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan makmur,” ujar Presiden dalam keterangan pers sebelum keberangkatan.

Dalam keterangan pers tersebut, Jokowi didampingi Wapres KH Maruf Amin dan Mensesneg Pratikno. 

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 27 Februari, Hadir di 2 Lokasi

Presiden Jokowi mengatakan, dalam pertemuan tersebut Indonesia akan mendorong penguatan kerja sama di sejumlah bidang, mulai dari integrasi ekonomi, transisi energi, hingga transformasi digital.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital, serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina,” ujarnya.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 26 Februari, Hadir di 2 Lokasi

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara, di antaranya Perdana Menteri (PM) Australia, PM Selandia Baru, dan PM Kamboja.

“Saya dan rombongan insyaallah akan tiba kembali di Jakarta tanggal 6 Maret hari Rabu,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.