Dark/Light Mode

Lebaran Idul Fitri, Menko PMK Ajak Masyarakat Bersikap Moderat

Rabu, 10 April 2024 12:44 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy usai salat Id di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (10/4/2024).
Menko PMK Muhadjir Effendy usai salat Id di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menunaikan salat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman parkir gedung PP Muhammadiyah Jakarta, pada Rabu (10/4). Usai salat, Muhadjir mengajak masyarakat agar bersikap moderat dan adil. 

Muhadjir tiba di lokasi sekitar pukul 6.16 pagi. Ia tampil dengan kemeja putih lengan panjang dipadu peci serta sarung. Salat Id dimulai pukul 06.45 WIB dan dihadiri sekitar 500 jemaah. 

Baca juga : Gibran Apresiasi Sholat Idul Fitri di Balai Kota Surakarta Berjalan lancar

Usai salat, Muhadjir mengapresiasi khutbah dalam salat Id. Khatib Salat Id adalah Ketua Penasihat PCIM Prancis, Andar Nubowo.

Isinya tentang pentingnya berpikir dan bertindak secara moderat. Menurut dia, isi khutbah itu pas dengan kondisi saat ini. Sehingga umat Islam bisa melihat sesuatu secara berimbang, tidak berat kepada salah satu sisi, melainkan melihat berbagai sisi agar adil dan tidak mudah menghakimi.

Baca juga : AHY Ucapkan Selamat Idul Fitri: Jadi Momentum Perkuat Tali Persaudaraan

“Khutbah yang disampaikan tadi menekankan pentingnya kita berpikir, bertindak secara moderat, yaitu apa yang disebut sebagai tawazun (berimbang), tawasuth (moderat, berdiri di tengah), taadul (adil, proporsional)," kata Muhadjir, seperti dikutip ANTARA, Rabu (10/4/2024).

Bersikap moderat artinya, tidak boleh terlalu ke kiri atau ke kanan. Juga tidak boleh terlalu ke barat, atau tidak boleh terlalu ke timur.

Baca juga : Jokowi Ucapkan Selamat Idul Fitri, Harap Jadi Momentum Merajut Persaudaraan

"Juga harus adil. Tidak boleh gampang menghakimi tanpa mendengarkan dari berbagai sisi," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.