Dark/Light Mode

Getaran Gempa M6,5 Garut Terasa Hingga Jakarta, Trending Topics Di X

Sabtu, 27 April 2024 23:51 WIB
Getaran Gempa M6,5 Garut Terasa Hingga Jakarta, Trending Topics Di X

RM.id  Rakyat Merdeka - Getaran gempa M6,5 yang terjadi di Garut, Jawa Barat pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29.47 WIB dilaporkan terasa dalam skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Sukabumi, III-IV Bandung, dan III Tangerang.

Dalam skala IV MMI, jika terjadi pada siang hari, gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sedangkan dalam skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga : Gempa M4,8 Guncang Kuta Selatan Bali, Tidak Berpotensi Tsunami

Salah seorang tamu di Lantai 4 Hotel Sari Ater, Jl Sukajadi Bandung merasakan guncangan kuat pada pukul 23.30 WIB. Lampu meja terlihat goyang-goyang sekitar satu menit. Lemari sampai berderit. "Saya bahkan agak pusing," tambahnya.

Seorang pembaca RM.id-Rakyat Merdeka di Pondok Aren, Tangerang Selatan juga menginformasikan kepada redaksi bahwa dia merasakan guncangan serupa pada jam yang sama.

"Saya kaget dan keluar kamar. Terlihat lampu gantung di ruang tengah terayun-ayun," tuturnya.

Baca juga : Lebaran, Jasa Marga Catat Terjadi Peningkatan Lalin Di Tol Jabodetabek

Getaran gempa juga dirasakan awak redaksi RM.id-Rakyat Merdeka yang sedang mengedit video berita di rumahnya yang berlokasi di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sekitar pukul 23.30 WIB. Video yang dieditnya, tampak bergoyang-goyang.

Dari pantauan platform media sosial X, netizen ramai melaporkan getaran gempa di lokasi masing-masing, melalui kolom komentar akun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Gempa bahkan menjadi trending topics nomor 1 di platform media sosial yang dulunya bernama Twitter.

"Tegal berasa bgttt," kata @loveofmailaif.

Baca juga : BMKG: Gempa M5,9 Di Laut Jawa Bagian Utara Jatim Dipicu Aktivitas Sesar Aktif

Hal yang sama juga disampaikan @lembayungvivi. "Cilacap, Jateng kerasa semua weh ini. Gede banget berasanya".

Sementara @TxtMGT mengingatkan pentingnya mitigasi untuk menekan dampak gempa. "Dengan skala M6,5 udah pada sampe IV ya, gimana megathrust pecah asumsi lokasi sama persis, duh mitigasi dikencengin ini," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.